Pensiun dari Panglima TNI, Jendral Gatot Diprediksi akan Pilih Parpol Ini

Pensiun dari Panglima TNI, Jendral Gatot Diprediksi akan Pilih Parpol Ini

WinNetNews.com - Selama ini banyak spekulasi yang muncul bahwa setelah pensiun dari jabatan Panglima TNI pada 2018 nanti, Jenderal Gatot Nurmantyo akan terjun ke panggung politik. Bahkan beberapa partai politik (parpol) pun disebut-sebut akan menjadi pelabuhannya.

Lantas parpol manakah yang dilirik Gatot Nurmantyo setelah pensiun nanti? Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio memprediksi ada empat partai yang bakal dirilik oleh Gatot Nurmantyo. Parpol tersebut yakni Partai Hanura, Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Gerindra.

"Karena empat partai itu punya latar belakang militer," ujar Hendri kepada wartawan, Senin (9/10).

Namun demikian, sambung Hendri Satrio, dari empat partai itu Gatot Nurmantyo besar kemungkinan akan memilih Partai Demokrat. Sebab partai yang dikomandoi oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu lebih terbuka. Apalagi Partai Demokrat juga tidak memiliki tokoh saat ini.

"Kan Agus Yudhoyono itu belum waktunya, kalau Partai Demokrat kebetulan lebih terbuka juga," kata Hendri Satrio.

Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan jaga mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu memilih partai Islam. Namun peluangnya sangat kecil. Sebab saat ini mayoritas partai Islam menjadi koalisi pemerintah. Sehingga Gatot Nurmantyo akan kesulitan jika nantinya akan menjadi capres untuk bersaing dengan Jokowi.

"Bisa saja partai Islam didekati Gatot Nurmantyo, tapi tidak banyak. Hanya PKS saja, karena semuanya sudah ada di belakang istana," pungkas Hendri Satrio.