Pensiun Dini Membuat Badan Jadi Rentan Terhadap Penyakit?
ilustrasi

Pensiun Dini Membuat Badan Jadi Rentan Terhadap Penyakit?

Rabu, 26 Jun 2019 | 10:23 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Beberapa orang mungkin merasa sedih saat mulai memasuki masa pensiun. Namun, ada pula yang justru merasa senang karena terbebas dari berbagai tuntutan pekerjaan. Ya, pensiun dini memberikan banyak waktu luang bagi Anda untuk beristirahat dan bepergian, tapi terkadang membuat frustrasi yang ditandai dengan menurunnya kesehatan. 

Lantas, pensiun dini membuat tubuh lebih sehat atau justru sebaliknya, ya? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Apakah pensiun dini baik untuk kesehatan?

Tidak sedikit orang yang memilih untuk pensiun dini agar bisa lebih banyak beristirahat dan menikmati hidup lebih leluasa. Namun, apakah ini pilihan yang tepat dari segi kesehatan?

Dilansir dari laman Verywell, sebuah penelitian di perusahaan Shell Oil menemukan bahwa orang yang pensiun di usia 55 tahun memiliki risiko kematian hingga 2 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang pensiun di usia 60 tahun. 

Bahkan, risiko ini 80 persen lebih besar dialami oleh pria dibandingkan pada wanita. Ini diduga karena memang sebelumnya mereka sudah memiliki masalah kesehatan yang cukup serius.

Dalam studi yang terpisah, para ahli mengamati 16.827 pria di Yunani yang tidak mengalami masalah kesehatan apa pun, baik pada partisipan yang sudah pensiun maupun masih bekerja. Hasilnya, pria yang sudah pensiun mengalami peningkatan risiko kematian hingga 51 persen. Sebagian besarnya disebabkan oleh penyakit jantung dan masalah pembuluh darah.

Pensiun dini tentu dilakukan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya dari segi kesiapan finansial untuk memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi. Ketidaksiapan untuk pensiun dini dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Akibatnya, seseorang cenderung stres dan inilah yang akan berdampak pada penurunan kesehatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...