Penting Banget Nih! Ini Loh 5 Langkah Berhenti Merokok Menurut Dokter Paru

Muchdi
Muchdi

Penting Banget Nih! Ini Loh 5 Langkah Berhenti Merokok Menurut Dokter Paru Ilustrasi berhenti merokok (Warrior Poet Wisdom)

WinNetNews.com - Di seluruh dunia rokok adalah hal yang paling sering muncul menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Asap rokok dengan berbagai variasi jenis serta komposisinya ternyata menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada perkembangan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau Chronic Obstructive Pulmory Disease (COPD) di Indonesia.

Bagi kalian para pengguna rokok berhati-hatilah karena PPOK ini adalah penyakit progresif, yang artinya bakal semakin memburuk dan bisa mengancam jiwa. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, PPOK diidap oleh 3,7 persen penduduk Indonesia atau sekitar 9,2 juta jiwa.

Berhenti merokok adalah cara paling ampuh untuk menghindari risikonya. Memang tidak mudah, namun menurut Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mendatangi klinik Upaya Berhenti Merokok (UBM) akan sangat efektif mengurangi jumlah perokok di Indonesia.

Ada 5 tahapan cara untuk berhenti merokok menurut dokter paru, Seperti dikutip dari situs detikHealth, Jakarta, Sabtu (24/11/2018), berikut ulasannya.

1. Ask

Tahapan pertama, bertanyalah terlebih dahulu kepada dokter bagaimana cara yang paling memungkinkan agar dapat berhenti merokok. Setelah bertanya, klinik tersebut akan mengidentifikasi dan mensistemasi semua pengguna rokok pada setiap kunjungan di klinik tersebut. Termasuk, seberapa seringkah merokok.

2. Advise

Kemudian kalian akan diberi nasihat (advice) bagaimana sebaiknya untuk berhenti merokok. Tahapan ini sangat mendorong dengan jelas, kuat, serta memberikan cara personal, serta mendesak semua para pengguna rokok untuk berhenti. Biasanya di tahapan ini juga akan diberikan kuesioner motivasi.

3. Assess

Dinilai, jumlah dan jenis rokok, dilakukan lagi pemeriksaan seberapa banyak monokarbon yang berada di dalam paru. Kemudian para pengguna rokok diminta untuk membuat alasan dan kemauan untuk membuat berhenti merokok.

4. Assist

Tahapan ini merupakan tahapan untuk memandu para pengguna rokok. Memberikan konseling, perawatan ekstra, dukungan sosial, serta material. Tanpa menggunakan obat-obatan saja. Bahkan di tahap ini juga ditemani dan didampingi oleh para psikiater alias dokter jiwa.

5. Arrange

Pada tahapan ini, perokok akan dapat bersama-sama dengan dokter membuat jadwal pertemuan rutin, sehingga dapat terus memotivasi diri dan lambat laun berhenti merokok sepenuhnya.

Memang dahulu sempat beredar obat-obatan yang dapat memicu untuk berhenti merokok yang beragam, mulai dari berbentuk patch hingga sesuatu yang bisa dikunyah. Namun cara ini dinilai kurang efektif.

Apa Reaksi Kamu?