9 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu
Ilustrasi daun Salam ( Photo organicfacts.net )

9 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Minggu, 8 Des 2019 | 12:19 | Muchdi

Winnetnews.com -  Daun salam sangat lekat dengan beragam olahan masakan Indonesia. Manfaat daun salam dalam masakan antara lain memberikan aroma rempah yang wangi, sehingga mampu menghilangkan bau anyir dari daging hingga meningkatkan nafsu makan.

Namun, daun salam tak hanya bisa digunakan dalam masakan. Daun salam juga dapat dinikmati sebagai minuman yang dikenal dengan nama 'rebusan daun salam'.

Kandungan pada daun salam dipercaya memberikan sejumlah manfaat sehat. Merangkum dari Times of India, berikut adalah manfaat daun salam untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan

Daun salam dapat membantu mengeluarkan racun pada tubuh melalui urin karena sifatnya yang diuretik. Ketika tubuh mengalami keracunan, daun salam bisa membantu merangsang muntah agar racun bisa dikeluarkan kembali oleh tubuh.

Selain itu, senyawa organik yang ditemukan pada daun salam juga efektif untuk mengatasi sakit perut, menenangkan iritasi usus, dan bahkan mengurangi gejala penyakit Celiac.

2. Mengontrol diabetes

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada tahun 2008, daun salam memiliki peran untuk meningkatkan fungsi reseptor insulin dan mengatur kadar gula darah.

Selain itu, daun salam juga berperan dalam metabolisme glukosa sehingga aman bagi penderita diabetes.

3. Melindungi dari infeksi jamur

Menurut peneliti, daun salam memiliki sifat anti-jamur yang membantu melindungi kulit dari infeksi atau iritasi. Mengonsumsi rebusan air daun salam secara teratur disebut dapat menciptakan lapisan pelindung yang akan menghalangi membran dari semua jenis bakteri di udara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...