Penting Nih! Olahraga Ringan dan Berjalan Dua Kali Seminggu Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung Loh

Muchdi
Muchdi

Penting Nih! Olahraga Ringan dan Berjalan Dua Kali Seminggu Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung Loh Foto: Istimewa
Winnetnews.com -  Berolahraga secara ringan seperti berjalan kaki sudah merupakan cara yang cukup mudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Cukup berjalan sekali atau dua kali selama seminggu untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke, atau kanker.

Dikutip dari situs Merdeka dari laman  Japan Today (7/4), penelitian ini dipublikasikan pada British Journal of Sports Medicine berdasar penelitian terhadap sekitar 90 ribu partisipan. Diketahui bahwa orang-orang yang berjalan atau berkebun antara 10 menit hingga satu jam tiap pekan memiliki risiko kematian lebih rendah 18 persen dibanding mereka yang berdiam diri.

Dua setengah hingga lima jam melakukan kegiatan tersebut setiap pekan bisa menurunkan risiko lebih banyak hingga 31 persen. Sedangkan ketika dilakukan tak kurang dari 25 jam, risiko bahkan menurun hingga hampir 50 persen.

Walau bermanfaat, peneliti mengungkap bahwa tidak semua orang memiliki waktu luang sebanyak itu. Oleh karena itu, kegiatan yang lebih memompa jantung seperti bersepeda, berlari, atau olahraga lain juga bisa menjadi gantinya dalam jangka waktu pendek.

"Ini (olahraga) lebih efisien secara waktu dibanding aktivitas dengan intensitas menengah," jelas peneliti.

Namun sayangnya pada penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, tidak ada perbedaan antara melakukan aktivitas ini baik antara 5 ataupun 25 jam. Peneliti menyebut bahwa penelitian yang mereka lakukan hanya bersifat observasi, walau begitu besarnya data yang digunakan bisa menjadi pertanda bahwa hal ini banyak dialami.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?