(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pentingnya Diet Dengan Cara yang Sehat

Oky
Oky

Pentingnya Diet Dengan Cara yang Sehat Sumber foto : http://www.mymedicalmantra.com/healthy-diet-for-working-woman/

Winnetnews.com - Tubuh manusia memerlukan banyak nutrisi untuk dapat bekerja dengan baik. Nutrisi yang kita butuhkan dapat kita peroleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Pola makan yang baik sangat bergantung dengan keseimbangan nutrisi dalam tubuh agar tetap menjaga badan manusia dan  terhindari dari berbagi macam penyakit.    

“Diet” adalah salah satu kata yang sudah tidak asing lagi terdengar di kalangan masyarakat baik perempuan maupun laki-laki. Banyak orang yang ingin melakukan diet, baik perempuan maupun laki-laki dengan tujuan dan kebutuhannya masing-masing. Bagi mereka, diet adalah sebuah cara untuk menurunkan berat badan menjadi berat yang ideal ataupun mencegah penyakit dengan cara mengurangi makan di setiap harinya.

“Dalam kedokteran yang dimaksud dengan diet adalah, sebuah pola makan. Tidak sesuai dengan definisi orang awam yang beranggapan bahwa, diet itu adalah restriksi atau pembatasan makan untuk meraih bentuk tubuh yang mereka anggap ideal. Maka salah, jika sesorang yang sedang menjalankan diet tidak makan.” Ujar dr. Kiky, dokter umum RS. Bhayangkara Sartika Asih, Bandung (5/11).

Sesuai dengan yang telah dijelaskan sebelumnya maka, fungsi utama diet yaitu, mengatur pola makan dan juga menyesuaikan porsi makan. Kebanyakan orang melakukan diet selain untuk menurunkan berat badan yaitu, untuk menambah berat badan dan untuk kesehatan. Diet yang dilakukan oleh sebagian orang dilakukan dengan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari untuk menjaga kesehatan atas aturan dokter atau karena menderita penyakit tertentu seperti, obesitas, tekanan darah, gangguan fungsi paru-paru yang mungkin saja terjadi karena, adanya penyempitan pembuluh darah oleh lemak dalam jumlah yang besar. Selain itu, dengan tujuan agar dapat menjaga penampilan serta, tuntutan pekerjaan yang diharuskan melakukan diet hingga tekanan sosial yang ada di lingkungannya. Diet juga biasa dilakukan oleh para atlet, biasanya mereka mengikuti diet untuk menjaga berat badan sekaligus untuk menjaga bentuk otot.

Banyak orang yang salah tentang prinsip diet yang sebenarnya. Mereka lebih mengandalkan melakukan diet dengan cara yang ketat seperti, mereka sampai mengurangi makan secara drastis atau bahkan, mereka akan membeli dan memakai obat-obatan penurun berat badan agar mendapatkan hasil secara “instant”.

Menurut dr.Kiky, “Diet sampai tidak makan itu sangat tidak baik. Apalagi menggunakan obat-obatan. Tubuh tetap butuh kalori, biasanya pada orang yang overweight atau obesitas, kalori yang masuk jauh lebih banyak daripada kalori yang keluar.” Selain itu, dr. Kiky juga menambahkan bahwa, “Apabila tubuh tidak memiliki asupan kalori, akan terjadi penghancuran lemak atau dalam kedokteran disebut lipolisis. Lipolisis besar-besaran yang terjadi akan menghasilkan metabolisme yang dinamakan asam lemak, yang nantinya asam lemak dihancurkan dan menjadi keton yang dalam jumlah banyak dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Bahkan, pada beberapa kasus, yang dihancurkan bukan lemak tetapi, otot atau myolisis yang ditandai buang air kecil yang berwarna merah.” (5/11).

Selain itu juga, “Diet dengan menggunakan obat-obatan menghasilkan cara kerja antara mensupresi rasa lapar, menginduksi rasa kenyang, atau meningkatkan metabolisme. Semua hal tersebut tidak baik jika dilakukan secara berlebihan, Jika kita meminum obat yang cepat menurunkan berat badan tanpa harus kerja keras, memang akan terlihat hasilnya secara instant. Tetapi, apabila kita berhenti meminum obat tersebut, terjadi yang namanya rebound phenomenon yaitu, nafsu makan yang tidak terkontrol yang nantinya kita akan menggendut kembali atau bisa lebih, dibanding sebelum mengkonsumsi obat-obatan seperti itu.” Ujar dr.Kiky (5/11).

Pada dasarnya, diet yang dilakukan oleh setiap individu akan berbeda karena, ketika akan melakukan diet kita harus memperhatikan usia, berat badan, kesehatan, dan juga aktivitas yang kita lakukan di setiap harinya. Mengapa hal tersebut sangat diperlukan? Karena, dengan program diet yang tepat maka, tujuan dari diet yang dilakukan akan tercapai. Alangkah baiknya sebelum melakukan diet yang tepat, kita dapat mengkonsultasikan kepada dokter, atau ahli gizi, dan orang yang pakar terhadap program diet agar tidak salah sehingga, sesuai dengan asupan yang dibutuhkan.

Banyak orang yang berpendapat bahwa, apabila kita melakukan sebuah diet, maka harus menghindari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Menurut dr.Kiky, ia menjelaskan bahwa, “Makanan yang mengandung karbohidrat tidak perlu dihindari tetapi, hanya mengatur porsinya saja. Karbohidrat memang menjadi sebuah masalah bagi yang sedang menjalankan diet namun, kita tetap butuh karbohidrat.” (5/11).

Mengapa karbohidrat merupakan sebuah masalah bagi yang menjalankan diet? Dr. Kiky menyampaikan bahwa, karbohidrat merupakan bentuk polisakarida yang simple, dan mudah untuk diurai dan juga mudah untuk disimpan menjadi lemak. Tapi, sebelum disimpan karbohidrat sangat mudah untuk menjadi sebuah energi. Maka, bagi orang yang senang melakukan marathon, mereka sangat membutuhkan sebuah carbo loading, mereka membutuhkan energi yang cepat sehingga, tidak harus menunggu metabolisme tubuh.

Diet yang sehat berarti, memilih kapan dan apa yang kita makan sehingga makanan itu menjadikan tubuh kita sehat dan tidak membawa berbagai macam penyakit. Hanya beberapa orang yang mengetahui cara diet yang sehat, dan sebagian orang lebih mempertimbangkan hasil seperti, turun atau naiknya berat badan ketimbang dengan cara yang sehat dalam melakukan diet. Jika ingin melakukan diet yang sehat, dilakukan dengan cara menjaga asupan nutrisi, terutama penghasil kalori. Akan tetapi, nutrisi lain harus tetap mencakupi kebutuhan gizi setiap harinya. Meskipun harus menjaga asupan nutrisi, bukan berarti kita meninggalkan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, lho! Akan tetapi, menjaganya sehingga tubuh dapat membakar lemak untuk kalori yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari.

Menurut dr.Kiky, pentingnya diet dengan cara yang sehat itu sama seperti kita mengatur pola makan sehat. Jadi, baik orang tersebut kurus, gemuk, ataupun ideal, sepatutnya harus memenuhi diet yang sehat. Artinya, sangatlah penting untuk menjaga kebugaran dan ke ideal-an tubuh karena, dengan diet sehat dan olahraga kebutuhan tubuh kita akan tetap terpenuhi tanpa harus menumpuk lemak namun, bukan berarti menumpuk lemak merupakan suatu hal yang buruk. Karena, cadangan makanan kita sebagian besar dalam bentuk lemak dan kita butuh cadangan makanan asal jangan juga berlebihan dalam menumpuk lemak (5/11).

Lalu, dr.Kiky pun memberikan tips dengan cara yang sehat, “Yang pasti disesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuh kita, bisa di cari dibanyak referensi untuk kalori perempuan dan laki-laki. Lalu, jika kita aktivitasnya berat seperti atlet, tentu butuh asupan kalori yang lebih tinggi. Maka, yang paling penting itu adalah harus seimbang seperti, ada karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral. Tidak lupa pula kita harus melakukan olahraga agar diet sehat kita tetap terjaga.” (5/11)

Diet memang merupakan suatu hal yang dibutuhkan di dalam tubuh manusia namun, diet yang kita lakukan juga harus dilakukan dengan cara yang benar dan juga sehat agar, tidak menambah penyakit baru yang tidak kita inginkan. Berikut adalah diet sehat yang disarankan oleh para ahli, yaitu:

  • DASH Diet

Banyak metode diet yang baru dan selalu muncul di setiap tahunnya, namun diet DASH beberapa tahun terakhir dikatakan sebagai diet terbaik. Seperti apakah diet ini?

Credits : https://ukhealthcare.uky.edu/comprehensive-stroke-center/education-prevention/preventing-stroke/dash-diet  

“DASH Diet merupakan diet yang sering dipakai dalam kedokteran. DASH Diet atau Dietary Approaches to Stop Hypertension digunakan untuk orang-orang yang menderita penyakit hipertensi. Diet ini kaya akan buah-buahan, sayuran, gandum utuh, dan makanan rendah lemak, termasuk daging, ikan, unggas, kacang-kacangan, dan membatasi pada makanan dan minuman manis, daging merah, dan lemak tambahan.” Ujar dr.Kiky (5/11).

Penelitian menunjukkan orang yang menjalankan DASH Diet tekanan darahnya turun, kadar kolestrol jahatnya pun ikut turun.

DASH Diet merupakan perencanaan makan yang fleksibel dan mengutamakan makanan alami dan utuh, misalnya sayuran, buah. Diet ini menganjurkan kita memperbanyak konsumsi ikan, memilih daging unggas, kacang-kacangan, serta lemak sehat seperti minyak zaitun.

  • Mediterranean Diet

“Mediterranean Diet adalah diet yang mereka makan kebanyakan dari tumbuhan, biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayuran, serta makanan yang diberi perasa termasuk garam tetapi, mereka masih makan daging dengan jumlah yang sedikit dan frekuensi yang jarang.” Ujar dr. Kiky (5/11).

Credits : http://mediterranean-way.com/what-can-you-eat-on-the-mediterranean-diet-2/

Manfaat yang didapatkan seperti, tubuh lebih segar untuk para lansia, melawan serangan penyakit kronis, melindungi otak. Cara kerja diet mediterranean adalah, utamanya menekankan pada makanan-makanan yang rendah lemak, rendah kolesterol, dan tinggi serat. Mengurangi total lemak adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi kalori, karena lemak mengandung kalori dua kali lebih banyak dibanding karbohidrat dan protein. Selain itu, makanan-makanan yang banyak mengandung lean protein dan serat (misalnya beans dan legumes) itu mengenyangkan dan membuat makan jadi lebih memuaskan.

  • Flexitarian Diet

Diet ini diciptakan oleh ahli diet Dawn Jackson Blatner. Perempuan yang juga penulis The Flexitarian Diet ini mengklaim, makanan berbasis tanaman sebagai menu utama adalah cara ampuh mengurangi asupan kalori.

“Flexitarian Diet adalah diet semi vegetarian tetapi, tidak termasuk kategori vegetarian karena, mereka masih memakan daging. Misalkan, hari Senin, Rabu, Jum’at, Minggu kita melakukan diet biasa tetapi, Selasa, Kamis, Sabtu, kita melakukan diet vegetarian. Jadi, mereka tidak full vegetarian.” Tutur dr.Kiky (5/11)

Tujuan dari diet ini adalah untuk menghindari konsumsi daging sedapat mungkin, untuk menghilangkan berat badan berlebih dan menjadi lebih sehat dengan mudah..

  • MIND Diet

Credits : https://www.pinterest.com/pin/519251032031725496/

Diet MIND diperkenalkan pertama kali oleh para peneliti yang berasal dari Rush University Medical Center pada awal tahun 2016. Diet MIND adalah perpaduan antara dua jenis diet yang digabungkan, dan bertujuan untuk menurunkan risiko terkena Alzheimer dan menjaga kesehatan otak. Kata MIND merupakan singkatan dari Mediterranean-Dash Intervention for Neurodegenerative Delay, yang menyatukan diet mediterania, yaitu diet yang biasa digunakan untuk menurunkan berat badan, dan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yang biasanya dianjurkan untuk dilakukan orang yang memiliki riwayat hipertensi.

Peneliti telah membuktikan bahwa dengan menggabungkan kedua jenis diet ini, dapat menunjang fungsi otak, menurunkan risiko demensia, serta menjaga daya ingat orang yang sudah memasuki lanjut usia. Oleh karena itu, diet MIND sering juga disebut sebagai diet untuk otak karena bertujuan untuk menjaga kesehatan otak.

Makanan yang wajib dikonsumsi apabila kita melakukan MIND Diet  di antaranya, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah berries (stroberi, bluerberry, raspberry), gandum, ikan, daging unggas dan minyak zaitun.

  • TLC Diet

Diet Therapeutic Lifestyle Changes (TLC) merupakan program penurunan kolesterol yang dikembangkan oleh National Cholesterol Education Program (NCEP) pada 2004.

“TLC Diet adalah diet dengan cara tetap memakan daging dan buah yang hanya memiliki kadar kolestrol dan lemak rendah atau apapun yang tinggi kolestrol dan lemak.” Ujar dr.Kiky (5/11).

TLC Diet mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 8 sampai 10 persen dalam waktu 6 minggu. Hal yang harus kita lakukan adalah dengan mengurangi dan menjauhi makanan yang tinggi lemak jenuh, termasuk susu, makanan yang digoreng, dan daging yang berlemak.

Sebaliknya, bagi yang menjalan TLC Diet harus rajin mengkonsumsi protein tanpa lemak seperti ikan, daging kalkun atau ayam tanpa kulit. Gandum utuh juga disarankan bagi yang ingin melakukan TLC Diet.

  • Weight Wacher

Diet ini sangat populer sejak dipromosikan oleh selebriti seperti Oprah Winfrey. Diet ini bekerja pada sistem poin, di mana masing-masing makanan diberikan sejumlah poin.

Pelaku diet diberi tahu jumlah yang harus diraih setiap hari. Makanan yang tinggi nutrisi dan memberi rasa kenyang memiliki lebih sedikit poin secara keseluruhan. Sementara di sisi lain, permen manis memiliki nilai tinggi.

Menurut dr.Kiky, “Weight Wacher bukan metode diet tetapi, semacam organisasi yang membantu kita untuk merencanakan diet sehat. Dengan tetap memakan apa yang kita mau. Misalkan, kita ingin makan steak maka, mereka akan memberi solusi harus bagaimana mengolah steak tersebut agar tetap seimbang gizinya.” (5/11).

Setelah kita mengetahui berbagai macam diet yang dianjurkan maka, kita harus melakukan diet dengan cara yang sehat karena, selain kita dapat mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita butuhkan, kita juga mendapatkan hasilnya untuk jangka panjang yaitu, untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Ditulis Oleh : Cindy Awia

Mahasiswi London School of Public Relations, Semester 3

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});