Pentingnya menjaga ginjal tetap sehat.

Liani
Liani

Pentingnya menjaga ginjal tetap sehat.

Penyakit ginjal kronis mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Dengan fasilitas terbatas dan akses untuk donor yang tidak memadai membuat harapan hidup pasien sakit ginjal tipis. Kunci utama terhindar dari penyakit ini adalah hanya dengan menjaga ginjal Anda untuk selalu tetap sehat.

beberapa tips berikut untuk membuat ginjal Anda tetap pada posisi yang aman.

1. Makan probiotik setiap hari

Probiotik (bakteri baik) membantu proses pembuangan limbah di ginjal dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan.

2. Minum banyak air

Mengonsumsi banyak air dan cairan lainnya membantu ginjal membersihkan natrium, urea dan racun lainnya dari tubuh dengan cara yang sehat. Sudah pasti kedua ginjal dan mungkin seluruh tubuh Anda tetap sehat

3. Minum obat berlebihan

Konsumsi berlebihan obat penghilang rasa sakit dan analgesik seperti Ibuprofen, itu tidak sehat. Beberapa obat ini dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara teratur. Jika Anda memiliki arthritis atau kondisi yang mengharuskan Anda untuk sering minum obat penghilang rasa sakit, pastikan minta resep kepada dokter Anda untuk tidak yang mengandung bahan kimia berbahaya.

4. Turunkan asupan fosfor

Jika ginjal tidak bekerja dengan benar, fosfor terakumulasi dalam tubuh, menyebabkan kondisi yang berpotensi serius seperti gangguan tulang dan jantung, dan kalsifikasi (pengerasan) dari jaringan. Hindari mengonsumsi produk dengan kandungan fosfor yang tinggi, seperti minuman ringan berkarbonasi (softdrink) dan makanan olahan. Anda hanya perlu 800 - 1.200 mg fosfor per hari untuk ginjal yang sehat.

5. Makan sehat

Makan makanan yang sehat dengan banyak buah-buahan dan sayuran dapat mencegah beberapa penyakit. Kurangi makanan olahan, kemasan dan camilan tidak sehat. Hindari juga makanan yang kaya kalori kosong dan jangan lupa untuk mengurangi asupan garam Anda. Jike perlu, konsultasi dengan ahli gizi tentang menu makanan yang ramah untuk ginjal.

6. Hentikan kebiasaan buruk

Minum alkohol berlebihan tidak hanya merusak hati hingga merugikan ginjal. Demikian pula, merokok berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada paru-paru Anda, tetapi bisa merusak ginjal juga.

7. Tahu riwayat kesehatan keluarga Anda.

Kesadaran dapat membantu Anda menjadi lebih siap. Bicaralah dengan dokter tentang apakah sejarah keluarga Anda menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar dan apa langkah-langkah pencegahan yang harus Anda ambil dalam kasus orang tua Anda atau kerabat memiliki penyakit ginjal. Jika Anda berada pada risiko yang lebih besar, pastikan Anda mengecek fungsi ginjal Anda untuk mengetahui seberapa sehat ginjal Anda. Seringkali, orang-orang yang tidak memiliki gejala ginjal ternyata bisa menderita penyakit mematikan ini juga.

8. Jaga kadar gula darah

Sakit diabetes bisa mengembangkan Anda menderita penyakit ginjal juga. Faktanya, sejumlah pasien diabetes menderita gagal ginjal dan harus cuci darah atau transplantasi organ. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol. Hal ini juga penting bagi penderita diabetes untuk mendapatkan tes fungsi ginjal secara teratur untuk mendeteksi penyakit ini lebih awal. Kerusakan ginjal akibat diabetes masih bisa dicegah jika terdeteksi dengan cepat.

9. Mengelola tekanan darah

Hipertensi tidak hanya meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan stroke dan penyakit kardiovaskular, tetapi juga meningkatkan risiko Anda terkena penyakit ginjal. Jika Anda memiliki riwayat keluarga hipertensi dan penyakit ginjal, jangan pernah melewatkan untuk mengecek tekanan darah dan kadar kolesterol Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});