Pentingnya Nutrisi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
ilustrasi

Pentingnya Nutrisi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Rabu, 1 Jul 2020 | 11:27 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sistem imun atau daya tahan tubuh memiliki peran penting karena berfungsi sebagai pertahanan tubuh melawan penyakit yang disebabkan virus, bakteri, parasit maupun jamur. Daya tahan tubuh dapat terus bekerja aktif dan normal apabila didukung dengan asupan nutrisi yang memadai. Namun apa Anda tahu bagaimana nutrisi mempengaruhi daya tahan tubuh anak? Berikut penjelasannya.

Nutrisi penting untuk menunjang sistem imun anak

image0

Selain kecukupan protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah seimbang, mikronutrien juga dibutuhkan untuk pembentukan sistem imun yang kuat. Mikronutrien yang dimaksud adalah:

  • Vitamin A, C, D, E, B2, B6, and B12,
  • Asam folat,
  • Zat besi,
  • Selenium,
  • Zinc.

Sistem imun bisa diperkuat dengan menggantikan kekurangan vitamin mineral yang telah disebutkan sebelumnya, sehingga ketahanan tubuh meningkat, dan mendukung proses penyembuhan yang lebih cepat.

Namun, asupan makanan saja belum tentu mencukupi. Oleh karena itu, selain mikronutrien, beberapa penelitian menyebutkan manfaat susu formula yang mengandung Polydextrose, GOS, dan Beta-glucan terhadap imunitas tubuh.

Anak berusia 3-4 tahun yang mengkonsumsi susu formula yang mengandung PDX/GOS dan beta-glucan terbukti mengalami episode sakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang lebih sedikit dan kalaupun mengalami ISPA, lama sakit akan menjadi lebih singkat. 

Beta-glucan dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh dengan mengaktifkan sistem komplemen dan memperkuat kerja sel pertahanan tubuh.

Dalam penelitian yang masih terus berlanjut, diduga beta-glucan ini adalah imunomodulator poten yang memiliki sifat anti-infeksi. Mekanismenya sampai saat ini masih diteliti.  

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...