Pentingnya Test Mamografi bagi Wanita
ilustrasi

Pentingnya Test Mamografi bagi Wanita

Rabu, 8 Apr 2020 | 12:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tes mamografi merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara. Jenis tes ini perlu dilakukan secara rutin guna mengantisipasi adanya pertumbuhan sel kanker pada payudara seorang wanita. Semakin cepat kanker payudara terdeteksi, semakin cepat pula pengobatan kanker dapat dilakukan. Lantas, kapan waktu tepat memulai dan seberapa sering tes mamografi harus dilakukan?

Mengapa wanita harus melakukan tes mamografi?

Tes mamografi dilakukan dengan menggunakan mesin tertentu untuk mengambil gambar x-ray dari masing-masing payudara. Melalui gambar ini, dokter akan melihat apakah terdapat benjolan atau bentuk yang abnormal pada payudara, yang sulit dirasakan jika hanya melalui pemeriksaan fisik. Bahkan, meski belum merasakan gejala apapun, benjolan pada payudara dapat terdeteksi dengan mamografi.

Bila terdapat benjolan atau bentuk payudara yang abnormal, dokter akan melakukan tes lain untuk memastikan hal tersebut, seperti ultrasound atau biopsi. Melalui kedua tes ini, dapat diketahui apakah temuan dalam tes mamografi itu terkait dengan kanker atau bukan.

Risiko terbentuknya kanker payudara pada seorang wanita meningkat seiring dengan pertambahan umur. Karena itu, pemeriksaan rutin payudara melalui mamografi baik dilakukan secara rutin.

Dengan mamografi yang rutin, kanker payudara dapat terdeteksi secara dini sehingga dapat segera dilakukan pengobatan. Hal ini penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker menjadi lebih parah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...