Penuhi Panggilan, MUI Minta UAS Tabayyun

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Penuhi Panggilan, MUI Minta UAS Tabayyun Ustadz Abdul Somad (UAS) saat tiba di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019). (Foto: Detik.com)

Winnetnews.com - Ulama kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) memenuhi panggilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna mengklarifikasi atau tabayyun terkait ceramahnya tentang patung dan salib yang viral di media sosial. UAS tiba di Gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019) sore.

Mengutip laman detik.com, tidak ada keterangan apapun yang diberikan oleh UAS. Setibanya di MUI ia langsung naik ke lantai 4 bertemu dengan pihak MUI. Sempat tertahan oleh media ketika ingin masuk, UAS naik menggunakan tangga. 

Sebelumnya MUI mengundang UAS untuk bertabayun mengenai ceramahnya tentang salib yang viral belakangan ini. MUI menegaskan pihaknya menjadi mediator dalam menyelesaikan kasus UAS ini agar masalah ini cepat diselesaikan.

"Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan dan insyaallah beliau siap bertemu dengan kami hari ini jam 15.00 WIB di Kantor MUI," Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangannya, Rabu (21/8/2019).

"Untuk hal tersebut MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar, tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama," lanjutnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, ceramah UAS yang viral di media sosial dianggap sudah meresahkan dan mencederai umat Kristen. Karena itu, kata Jemmy, Abdul Somad harus mempertanggungjawabkan perkataannya.

“Apa yang dikatakan Ustad Abdul Somad dalam videonya itu sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen,” kata Jemmy.

Dia sangat menyayangkan Abdul Somad terkait tausiah yang dibawakan ìtu.,

"Kami laporkan Ustad Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan umat muslim” tegas Jemmy.

Dia berharap Ustad Abdul Somad bisa memberikan klarifikasi atau permohonan maaf kepada umat Kristen atas pernyataan saat berceramah. "Jika Ustad keliru, maka kami harap ada permohonan maaf dan klarifikasi," katanya.

Apa Reaksi Kamu?