Penyakit Ini Ditularkan ke Anak Melalui Kucing Peliharaan
ilustrasi

Penyakit Ini Ditularkan ke Anak Melalui Kucing Peliharaan

Rabu, 26 Feb 2020 | 11:24 | Rusmanto
Winnetnews.com - Tentu menyenangkan rasanya melihat tingkah anak saat asyik bermain dengan kucing. Akan tetapi, orangtua tetap perlu mengawasi si kecil karena kucing dapat menyebarkan penyakit dari cakaran, gigitan, atau sentuhan tangan. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak pun lebih rentan karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang.

Lantas, apa saja penyakit akibat kucing yang harus diwaspadai?

Risiko penyakit pada anak dari kucing

Seperti hewan pada umumnya, badan kucing juga merupakan tempat bagi banyak parasit, virus, dan bakteri. Beragam mikroba ini dapat menginfeksi tubuh manusia dan menimbulkan sejumlah penyakit.

Berikut adalah beberapa dampak kesehatan yang bisa terjadi:

1. Penyakit dari kucing bernama cat scratch disease (CSD)

image0

Cat scratch disease merupakan penyakit akibat infeksi bakteri Bartonella henselae. Kucing biasanya terjangkit bakteri ini melalui gigitan kutu atau kucing lain. Pada anak, penyakit ini menular dari cakaran, gigitan, atau jilatan saat bermain dengan kucing.

Gejala umumnya muncul selama 1-3 minggu, kemudian membaik dengan sendirinya atau setelah anak mengonsumsi antibiotik. Melansir Children’s Hospital of Philadelphia, gejala yang perlu diwaspadai orangtua antara lain:

  • Muncul benjolan atau luka lepuh pada kulit yang terkena gigitan atau cakaran.
  • Setelah beberapa minggu, terjadi pembengkakan kelenjar pada selangkangan, siku, ketiak, leher, atau dekat area yang terkena cakaran atau gigitan.
  • Demam, sakit kepala, nafsu makan menurun, ruam, dan badan lesu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...