Penyebab Anda Sulit Fokus

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Penyebab Anda Sulit Fokus
Wingamers – Ketika merasa lelah pastinya kita ingin segera beristirahat. Disaat merasa lelah juga terkadang kita suka salah focus. Terdapat penelitian yang menunjukkan ada banyak hal yang membuat perhatian kita mudah teralihkan. Lalu apa saja penyebabnya ? berikut ulasannya.

1. Kurang tidur

Tidur memiliki efek sangat besar pada kemampuan Anda memusatkan perhatian. Anak-anak yang sulit tidur akan kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah. Tidur malam yang cukup juga membantu Anda fokus dalam bekerja.

2. Alamiah

Manusia pada dasarnya memang rentan pada distraksi. Kita bereaksi pada sebuah informasi baru, dan ini adalah insting bertahan hidup. Penelitian juga menunjukkan lingkungan tempat kita dibesarkan berpengaruh pada kemampuan kita memusatkan perhatian. Orangtua yang sering menginterupsi anaknya saat bermain juga bisa merusak kemampuan anak memusatkan perhatian.

3. Teknologi modern

Ponsel, email, aplikasi pesan, dan media sosial, semuanya berebut perhatian kita sehingga agak sulit bagi kita untuk fokus pada satu hal saat bekerja. Rata-rata para pekerja mengubah apa yang sedang dikerjakannya setiap tiga menit, dan sekali teralihkan diperlukan waktu 30 menit untuk kembali ke tugasnya semula.

4. Ruangan berantakan

Meja kerja yang rapi, bersih, dan tenang, ternyata sangat membantu kita untuk fokus.

5. Televisi menyala

Tentu saja televisi yang dinyalakan bisa jadi pengalih perhatian, tetapi penelitian menyebutkan bahwa suara televisi di layar belakang bisa menganggu anak usia kurang dari 3 tahun yang sedang bermain. Hal ini ternyata juga berpengaruh pada perkembangan mereka. Tak ada yang salah dengan menonton televisi, tapi sebaiknya matikan saat Anda sedang fokus pada pekerjaan lain.

6. Kurang olahraga

Ada banyak studi yang menemukan kaitan antara olahraga dan kemampuan kognitif. Misalnya saja, orang yang memiliki gaya hidup kurang aktif bergerak ternyata kemampuannya dalam memusatkan perhatian lebih rendah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});