Penyebab dan Cara Atasi Alis Rontok
ilustrasi

Penyebab dan Cara Atasi Alis Rontok

Minggu, 5 Jul 2020 | 09:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab alis rontok. Oleh karena itu, menentukan penyebab kerontokan alis dengan tepat dapat membantu untuk melakukan perawatan yang efektif. Simak penjelasan lengkap mengenai berbagai penyebab dan cara mengatasi alis rontok di bawah ini.

Mengenali Berbagai Penyebab Alis Rontok

Kerontokan alis dalam dunia medis dikenal dengan sebutan eyebrow hypotrichosis atau eyebrow madarosis. Sama halnya seperti rambut di kepala, alis juga dapat mengalami kerontokan. Akan tetapi, apakah penyebab alis rontok sama seperti rambut rontok?

Berikut ini adalah berbagai penyebab alis rontok yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Alopecia Areata

Alopecia areata adalah penyakit autoimun, suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri. Kondisi ini membuat sistem imun menyerang folikel rambut, sehingga menyebabkan kerontokan pada alis.

2. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin A atau zinc dapat memperlambat pertumbuhan sel dan menghambat produksi sebum. Selain itu, kekurangan nutrisi lain juga bisa menjadi penyebab alis rontok, antara lain: biotin (vitamin B7), vitamin C (pengembangan kolagen), zat besi, vitamin E, vitamin B12, vitamin D, sistein, dan asam lemak omega-3.

3. Eksim (Dermatitis Atopik)

Penyebab alis rontok berikutnya bisa disebabkan oleh eksim. Eksim adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan rasa gatal, kemerahan, dan iritasi. Eksim dapat mengganggu pertumbuhan rambut, karena folikel rambut tertanam di kulit.

4. Psoriasis

Psoriasis adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sel-sel kulit berkembang begitu cepat sehingga terbentuk bercak-bercak merah, tebal, dan bersisik. Kondisi ini menghalangi folikel rambut dan menghentikan pertumbuhan, sehingga bisa menjadi penyebab alis rontok.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...