Penyebab Flu Saat Hamil dan Cara Mengatasinya
ilustrasi

Penyebab Flu Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Kamis, 27 Feb 2020 | 07:11 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Saat seorang wanita dinyatakan hamil, maka segala sesuatu yang terjadi pada tubuhnya bisa memengaruhi janin yang sedang dikandungnya. Saat ibu hamil terserang flu, ia juga tidak diperbolehkan mengonsumsi obat tanpa arahan dari dokter. Sebuah penelitian menemukan bahwa flu saat hamil dapat meningkatkan kemungkinan keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah. Lantas, bagaimana cara mengatasi flu saat hamil yang aman? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Flu saat Hamil

Seperti penyebab flu pada umumnya, flu saat hamil juga disebabkan oleh penyebab yang sama yaitu virus influenza. Kondisi yang bisa memengaruhi hidung, tenggorokan, sinus, dan saluran udara bagian atas ini bisa menyebabkan bersin, sakit tenggorokan, dan batuk.

Selain itu, perubahan sistem kekebalan tubuh, jantung, dan paru-paru selama kehamilan membuat wanita hamil lebih rentan terhadap penyakit parah akibat flu, termasuk penyakit yang berakibat rawat inap.

Pada beberapa kasus, flu saat hamil juga bisa mengembangkan bronkitis, yang kemudian dapat berubah menjadi pneumonia. Namun, terdapat komplikasi yang lebih serius terkait dengan flu selama kehamilan—meskipun ini kasus yang jarang terjadi, antara lain:

  • Syok septik.
  • Meningitis.
  • Ensefalitis atau radang otak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...