Penyebab Jerawat Punggung yang Harus Kamu Tahu
Foto: Allure

Penyebab Jerawat Punggung yang Harus Kamu Tahu

Jumat, 30 Apr 2021 | 16:40 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tapi juga bisa timbul di area tubuh lain. Salah satu bagian tubuh yang sering berjerawat, yakni punggung.

Jerawat punggung bagi sebagian orang adalah masalah besar yang sulit diatasi. Selain menganggu karena rasanya tidak nyaman, jerawat punggung juga bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Menurut Juliya Fisher, M.D, dokter kulit bersertifikat, jerawat punggung disebabkan oleh minyak, keringat, dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa penyebab lain seseorang mengalami jerawat punggung, seperti di bawah ini.

Produk komedogenik

Produk non-komedogenik sangat penting bagi orang-orang yang mempunyai kulit berminyak dan rentan berjerawat. Menggunakan produk komedogenik, hanya akan membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan breakout.

Produk komedogenik biasnaya mengandung bahan-bahan seperti minyak kelapa, mentega kakao (cocoa butter), minyak marula, dan isopropil miristat. Bahan-bahan tersebut ketika diaplikasikan ke kulit dapat menyebabkan produksi minyak berlebih, penumpukan kotoran, dan kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

Olahraga

Olahraga memang penting untuk membuat tubuh tetap sehat. Namun setelah berolahraga, sebaiknya segera bersihkan tubuh atau mandi, agar racun yang keluar bersamaan dengan keringat tidak menyebabkan iritasi dan membuat pori-pori tersumbat.

Stres

Tingkat stres yang tinggi juga memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan kulit. American Academy Dermatology menyebutkan, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon andorgen selama masa perselisihan (stres).

Hal ini, bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah, dada, dan punggung. Hormon androgen yang meningkat, bisa membuat laki-laki atau pun perempuan berjerawat.

Produk olahan dan tinggi lemak

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dpat memicu jerawat. Produk olahan susu, juga dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu, minumab bersoda dan makanan tinggi gula seperti permen, harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas karena dapat menyebabkan jerawat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...