Penyebab Kompresi Mesin Sepeda Motor Loyo

Rusmanto
Sabtu, 14 Juli 2018 09:15 WIB
Oleh Rusmanto pada Sabtu, 14 Juli 2018 09:15 WIB
Image Penyebab Kompresi Mesin Sepeda Motor Loyo
istimewa

WinNetNews.com - Kebocoran di bagian knalpot sepeda motor bisa bikin bising. Selain itu, masalah itu juga mesin jadi tidak bertenaga alias loyo.

Menurut Didit, mekanik yang praktik di bengkel motor MSD di Bekasi Timur, knalpot bocor bisa disebabkan dari pipa yang mengalami korosi atau karat. Masalah itu biasanya timbul karena pengendara jarang mencuci motor. Kotoran yang menempel di knalpot lama kelamaan bisa menimbulkan karat.

Jika bagian pipa pembuangan masih dalam kondisi baik, penyebab kebocoran dipastikan berasal dari paking knalpot yang sudah rusak. Selain usia pakai, sering bongkar pasang knalpot dan baut yang kendor menjadi faktor lain penyebab paking knalpot cepat rusak.

Cara mendeteksi kebocoran akibat paking rusak sangat mudah. Sebaiknya, Anda engkol untuk menghidupkan mesin pada pagi hari. Bila terasa ringan saat engkol, biasanya akibat kompresi mesin menurun. Kemungkinan disebabkan oleh paking yang rusak.

"Saat mesin dihidupkan, knalpot yang bocor akan mengeluarkan suara yang berbeda. Harus gilas jika bocor di bagian pipa. Namun, harus diganti dengan yang baru andai bocor di bagian paking. Ganti dengan yang orisinil biar lebih awet," tutup Didit.

Cara Move On dari Mantan Pacar
Serangan Udara di Suriah Tewaskan 7 Warga Sipil

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.