Penyebab Ngiler Saat Tidur dan Cara Mengatasinya
Foto: Bustle

Penyebab Ngiler Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 23 Mei 2020 | 14:15 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Apakah kamu pernah ngiler saat sedang tidur? Sejumlah orang sesekali mengiler saat sedang tidur, sehingga ini menjadi sesuatu biasa terjadi. Pasalnya saat sedang beristirahat reflex menelan kita dalam keadaan rileks, sehingga menyebabkan akumulasi air liur di mulut dan sebagai dari air liur itu mungkin saja keluar melalui sisi mulut.

Mengeluarkan air liur saat tidur merupakan sesuatu yang banyak orang malu untuk membicarakannya. Hal ini banyak terjadi pada anak bayi, namun orang dewasa pun juga terkadang mengalaminya.

Kebanyakan hal ini terjadi bukan karena hal serius, namun dalam beberapa kasus juga bisa disebabkan oleh kondisi neurologis, gangguan tidur atau kondisi kesehatan tertentu. Dirangkum dari Pink Villa, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan mengiler saat tidur, berdasarkan penyebabnya.

Posisi tidur

Tidur dengan posisi miring ke sisi sebelah kanan atau telungkup, menjadi salah satu posisi tidur yang membuat air liur keluar dari mulut. Berdasarkan pendapat para ahli, air liur yang keluar ini memiliki hubungan dengan gravitasi. Jadi, langkah yang perlu dilakukan dengan cepat adalah dengan memperbaiki posisi tidur.

Perawatan untuk alergi dan sinus

Ketika kamu memiliki sinus ataupun alergi yang menyebabkan hidung tersumbat, maka napas pun dikeluarkan melalui mulut. Ini menyebabkan lebih banyak air liur yang keluar dari mulut. Mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter, dapat membantu mengatasi kondisi ini. Selain itu, kamu juga bisa menguap hidung sebelum tidur agar hidung tidak tersumbat.

Pengobatan rumah

Tetap terhidrasi selama seharian dan mengunyah irisan lemon dapat membantu menghilangkan air liur.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...