Penyebab Pengusaha Kelas Kakap Enggan Ikut Tax Amnesty

Penyebab Pengusaha Kelas Kakap Enggan Ikut Tax Amnesty

Rabu, 31 Agt 2016 | 15:18 | Rusmanto
WinNetNews.com - Kabar negatif terkait program pengampunan pajak, atau tax amnesty yang sedang hangat terjadi belakangan ini, disinyalir membuat masyarakat ragu mengikuti program tersebut. Hal itu dikaitkan dengan minat dari para pengusaha kakap yang saat ini, masih minim untuk ikut tax amnesty.

Namun, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyangkal tanggapan tersebut. Menurutnya, para pengusaha besar sebenarnya sangat berminat untuk ikut tax amnesty.

Ia mengaku bahwa terdapat beberapa kendala yang harus dilakukan para pengusaha untuk membawa pulang harta dan asetnya yang ada di luar negeri.

Kendala tersebut, seperti pembayaran pinalti di luar jatuh tempo untuk instrumen investasi di bank, hingga utang pajak atas dananya. Hal yang membuat para pengusaha besar masih belum ikut tax amnesty, karena untuk ikut tax amnesty perlu menjalani proses itu yang dapat memakan waktu lebih lama.

"Kenapa telat, ternyata uang-uang di luar negeri kita harus bayar utang dulu di bank luar negeri, dan ternyata itu tidak gampang. Anda pakai back to back juga harus dilunasi dulu. Jadi, banyak waktu yang harus dilalui. Ini yang kita lakukan dalam dua bulan," ujarnya di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Namun, kata Sofyan, para pengusaha besar yang tergabung di Apindo sebagian besar sudah menyelesaikan segala proses tersebut. Sehingga, Ia optimistis mereka sudah mulai masuk untuk ikut tax amnesty pada September ini.

Di samping itu, Sofjan juga mengaku, pengurus DPP Apindo juga telah melakukan berbagai upaya, mulai dari sosialisasi hingga pendampingan bagi anggotanya yang ingin ikut tax amnesty.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...