Penyidik Sebut Reynhard Sinaga Kena Narsistik, Penyakit Apa Itu?
Sosok Reynhard Sinaga (foto: Tribunnews)

Penyidik Sebut Reynhard Sinaga Kena Narsistik, Penyakit Apa Itu?

Rabu, 8 Jan 2020 | 11:34 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Salah satu penyidik senior dalam kasus Reynhard Sinaga menyebutnya sebagai sosok psikopat dan narsistik. Ia disebut narsistik karena sempat memiliki banyak kekasih.

“Jika dia tidak narsistik dan bukan psikopat, siapa saja yang dihadapkan pada bukti memberatkan seperti itu, pasti akan mengakui diri bersalah,” kata Inspektur Detektif Zed Ali, dilansir dari Manchester Evening News, Selasa (08/01).

Narsistik, atau gangguan kepribadian Narsistik, merupakan salah satu gangguan mental dimana seseorang cenderung merasa kepentingan yang tinggi. Melansir Mayo Clinic, orang dengan kepribadian narsistik akan merasa butuh perhatian atau rasa kagum tinggi, memiliki hubungan bermasalah, dan tidak punya empati terhadap orang lain.

“Akan tetapi di balik kepercayaan diri super ini, ada harga diri yang rampuh dan rentan terhadap segala bentuk kritik, sekecil apapun itu,” lanjut tulisan di Mayo Clinic.

image0
Reynhard Sinaga saat beraksi mencari korban (foto: Detik.com)

Orang dengan gagguan narsistik akan menemui banyak masalah di hidup, seperti hubungan, pekerjaan, sekolah, dan urusan finansial. Kaum narsistik secara umum selalu merasa tidak bahagia dan kecewa saat tidak mendapat perhatian khusus.

Mereka cenderung memiliki hubungan yang tidak terpenuhi atau orang lain merasa tidak nyaman berada di sekitar mereka. Untuk mengobati gangguan ini, psikolog biasanya akan melakukan pengobatan psikoterapi wicara.

Secara umum, para ahli jiwa masih belum bisa menemukan secara pasti apa yang menjadi penyebab munculnya gangguan ini. Gangguan narsistik bisa dikatakan cukup kompleks karena adanya perkembangan kepribadian dan gangguan kesehatan mental lainnya. Namun tiga hal yang diyakini menjadi penyebab utama, yakni genetik, lingkungan, dan neurobiologi. Gangguan narsisitik lebih banyak menjangkit pira dairpada wanita dan kerap dimulai saat era remaja atau awal dewasa.

 

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...