(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Penyimpanan Eksternal Kamu Kurang, Pakai Aja My Book Duo 20TB

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Penyimpanan Eksternal Kamu Kurang, Pakai Aja My Book Duo 20TB

WinNetNews.com - Jika kapasitas media penyimpanan eksternalmu masih dirasa belum mencukupi untuk menampung berbagai data aktifitas pekerjaanmu saat ini, mungkin edisi terbaru pada jajaran My Book Duo besutan Western Digital ini bisa menjadi solusi bagi masalah yang sedang kamu hadapi. 

Andalkan dual drive bay yang ada, My Book Duo edisi terbaru ini siap tawarkan kapasitas daya tampung menyimpanan super besar hingga 20TB dengan menempatkan sebuah hardisk WD Red 7200 RPM berkapasitas 10TB yang diperkuat dengan RAID pada masing-masing drive bay yang ada. Memiliki konfigurasi pabrik pada RAID 0 secara default yang dapat dikonfigurasi ulang untuk RAID 1 atau JBOD, drive 20TB berukuran 100x180x160mm ini diklaim sanggup mencapai kecepatan baca sekuensial hingga 360 MB/s saat beroperasi dalam konfigurasi RAID 0. 

Masing-masing tingkat RAID yang ditawarkan ternyata ada kelebihan dan juga ada kekurangan yang harus dipertimbangkan dengan seksama sebelum digunakan. RAID 0 menawarkan tingkat kinerja yang lebih tinggi dengan men-stripkan data pada kedua drive bay namun tidak memiliki redundansi, sedangkan RAID 1 mencerminkan data yang ada pada kedua drive bay sehingga memberikan perlindungan lebih besar dari kesalahan baca yang tidak terpulihkan (hardisk gagal). 

Jumlah total ruang disk yang gunakan dapat berkurang setengahnya adalah salah satu kelemahan yang mungkin saja ditimbulkannya. Sementara di sisi lainnya, konfigurasi JBOD memungkinkan pengguna akhir untuk memanfaatkan kapasitas penuh 20GB pada kedua hardisk yang ada dengan mengorbankan kecepatan dan redundansi data. 

Tawarkan format NTFS, membuat My Book Duo tersebut kompatibel dengan sistem operasi Windows 7/8/8.1/10. Format ulang diperlukan untuk digunakan dengan sistem operasi lain. Selain dilengkapi dengan enkripsi dan proteksi password AES 256-bit untuk menjaga keamanan data yang ada, Western Digital juga membekalinya dengan fitur pendukung lainnya, seperti WD Backup, WD Security, dan WD Drive Utilities untuk membantu mengelola data yang ada. 

Dukungan sebuah port USB 3.1 Type-C dan dua port USB 3.0 Type-A, membuat My Book Duo bisa digunakan untuk aksesoris seperti flashdisk, webcam, atau keyboard dan mouse. Tak hanya itu saja, port-port tersebut juga dapat digunakan untuk mencas (mengisi daya) perangkat seperti smartphone dan tablet. Bahkan demi mempermudah pengoperasiannya, Western Digital kabarnya juga telah menyertakan kabel USB-C to USB-C dan USB-C to USB-A pada kemasan box yang ada. 

Dijadwalkan bakal tersedia pada tanggal 6 September mendatang, My Book Duo dibanderol mulai dari $ 279,99 (± 3,7 jutaan rupiah) untuk model 4TB hingga $ 849,99 (± 13,3 jutaan rupiah) untuk model 20TB.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});