Skip to main content

Per 1 Januari 2017 Harga BBM Sama Rata di Seluruh Wilayah Indonesia

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

WinNetNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menyamakan harga BBM dari Sabang hingga Merauke menjadi satu harga. Kebijakan ini akan dilaksanakan per 1 Januari 2017.

Hal ini menyusul keputusan Presiden Joko Widodo untuk membuat BBM satu harga di seluruh wilayah di Papua.

Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan, tantangan penerapan BBM satu harga adalah pengawasan yang harus dijalankan secara ketat. Dengan demikian, harga BBM yang sampai kepada konsumen sama dengan harga di tingkat penyalur.

"Yang jadi tantangan pertama itu pengawasan harus dijalankan dari waktu ke waktu, supaya tidak ada harga eceran sampai ke tangan konsumen berbeda," katanya dalam Konferensi Pers Dua Tahun Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (27/10/2016).

Aturan pelaksanaan BBM satu harga nantinya mencakup perhitungan margin yang dianggap subsidi silang yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) ataupun badan usaha hilir migas lainnya.

"Atau badan usaha hilir lain yang menjual eceran itu di wilayah kerja masing-masing itu akan segera dikeluarkan. Mustinya minggu depan (keluar aturan)," imbuh dia.

Selain itu, penerapan BBm satu harga ini dilakukan agar menciptakan rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, selama ini masyarakat di Pulau Jawa telah menikmati harga BBM murah sementara di Timur Indonesia, harga BBM masih sangat mahal.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top