Perabotan Rumah Tangga Ini Sebaiknya Diganti Secara Berkala
ilustrasi

Perabotan Rumah Tangga Ini Sebaiknya Diganti Secara Berkala

Jumat, 14 Feb 2020 | 19:02 | Rusmanto
Winnetnews.com - Dalam merawat rumah, sebaiknya Anda tidak hanya fokus dalam memelihara kebersihannya saja. Beberapa perlengkapan rumah tangga membutuhkan perawatan secara khusus, sehingga perlu diganti atau diperbarui secara berkala.

Hal ini bisa disebabkan karena perlengkapan tersebut memiliki masa guna yang sebentar ataupun cepat kotor dan menyebabkannya menjadi sumber penyakit di rumah.

Adapun perabot yang apabila hanya akan diganti ketika rusak malah akan menimbulkan bahaya bagi penggunanya. Berdasarkan ruangan dan fungsinya, berikut ini adalah perabot dan furniture rumah yang perlu diperhatikan perawatannya dengan baik:

Perlengkapan rumah tangga yang mesti diganti berkala

1. Perlengkapan kamar tidur

image0

Perlengkapan tidur, seperti bantal, matras, dan seprai, merupakan perabot rumah yang paling sering digunakan dalam waktu yang lama. Penggunaannya yang intens untuk membuat barang-barang ini mudah menjadi kotor sehingga berpotensi menjadi sarang penyakit.

Seprai

Dalam penggunaannya sehari-hari, seprai perlu dicuci dan diganti maksimal seminggu sekali. Seprai yang kotor dapat meningkatkan kelembapan matras yang dilapisinya.

Matras yang lembap dapat menjadi tempat kutu kasur dan tungau berkembang biak. Keduanya dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti gatal-gatal, iritasi kulit, hingga alergi pada sistem pernapasan.

Cucilah sprei dengan air hangat karena bisa membunuh kuman dengan lebih efektif dibandingkan dengan air biasa.

Bantal 

Jika terlalu lama digunakan bantal akan berubah kempis sehingga tidak lagi mampu menopang kepala dengan bahu dengan optimal. Akibatnya, tidur dengan bantal kempis berisiko membuat Anda mengalami nyeri leher dan gangguan tidur. Bantal setidaknya perlu diganti setiap 6-1 tahun sekali.

Matras

Matras memiliki daya tahan yang lebih lama daripada perlengkapan rumah tangga di kamar tidur lainnya. Masa guna matras memiliki usia yang lebih panjang sekitar 5-10 tahun. Matras sudah selayaknya diganti apabila permukaan matras terasa bergelombang, terdapat lubang, dan salah satu bagian dalamnya muncul ke permukaan.

Namun, Anda tidak harus menunggu hingga 10 tahun untuk mengganti perlengkapan rumah tangga ini. Perhatikan kondisi matras apakah terasa lembap sehingga menimbulkan rasa panas hingga berkeringat ketika tidur. Kondisi ini dapat menjadi pertanda jika matras perlu diganti sesegera mungkin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...