(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Peranan Hewan Peliharaan Terhadap Stress Relief

Oky
Oky

Peranan Hewan Peliharaan Terhadap Stress Relief Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Stress adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Stress dapat timbul dari dalam diri yang dikarenakan adanya rasa cemas dan frustasi. Rasa cemas ini timbul karena adanya ke khawatiran dalam diri akan suatu hal yang akan dihadapi oleh individu. Kecemasan yang berlebihan dapat mengakibatkan frustasi karena dirinya merasa bahwa tidak dapat memenuhi hal yang diinginkan.

Tekanan merupakan stress yang terjadi karena faktor dari luar yaitu dipengaruhi oleh lingkungan sekitar individu ini sendiri. Tekanan ini timbul dikarenakan adanya tuntutan serta tanggungjawab yang harus dilakukan oleh individu. Terlebih di zaman yang semakin maju ini, rasa cemas dan khawatir akan keberlangsungan hidup individu semakin terasa karena semakin banyak tantangan untuk kita dapat bertahan di zaman modern yang maju ini. Oleh karena tekanan tersebut, stress bukanlah hal yang dapat kita hindari lagi. Kebutuhan hidup semakin meningkat, tingkat kesulitan dalam bekerja dan belajar, juga perkembangan zaman semakin memberi tekanan  terhadap individu yang mengakibatkan individu menjadi stress.

Stress sendiri bisa menjadi baik apabila individu sadar dan menjadikan tekanan tersebut sebagai motivasi. Namun, tak sedikit yang tidak dapat mengkontrol tekanan yang mereka alami dan justru merasa terpuruk serta dapat berakibat  buruk, baik bagi kesehatan mental maupun fisik.

Penanggulangan stress biasa dilakukan oleh dokter maupun terapis. Namun, selain dari dokter atau terapis, rupanya, stress dapat kita atasi dengan cara yang terbilang mudah . Banyak yang mungkin tak menyadarinya, namun hewan peliharaan ternyata punya peran penting dalam menjaga suasana hati tetap baik dan stabil.

Mengapa Hewan Peliharaan?

Pada dasarnya, salah satu alasan memiliki hewan peliharaan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yaitu sebagai teman bagi manusia. Namun, bukan hanya sebagai teman di rumah, hewan peliharaan efektif meningkatkan kadar hormon serotonin yang mengontrol kegiatan emosional dan hormon dopamin yang mengontrol gerak tubuh.

Membelai, memeluk, menyentuh hewan, seperti anjing, kucing, kelinci atau bahkan dengan melihat ikan di dalam aquarium membantu untuk menenangkan dan membuat kita rileks ketika sedang stres atau merasa cemas  justru cenderung merasa lebih damai. Selain itu, hewan peliharaan juga terbukti dapat meningkatkan hormon anti-stress atau oksitosin hanya dengan berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan.

Bermain dengan hewan peliharaan anda, anda dapat membantu untuk melupakan masalah anda bahkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi individu. Apapun hewan peliharaan yang anda miliki, mereka bisa jadi teman terbaik penghilang stress.

 

 

Ditulis oleh Zevanny Michelle Listando

Mahasiswi London School of Public Relation

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});