Perangkat AI Ciptakan Lagu Baru Nirvana dan Amy Winehouse
Foto: Loudwire

Perangkat AI Ciptakan Lagu Baru Nirvana dan Amy Winehouse

Selasa, 6 Apr 2021 | 11:11 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu yang mustahil, menjadi bisa untuk dilakukan. Beberapa waktu yang lalu, perangkat artificial intelligence (AI) menuliskan lagu baru Nirvana dan Amy Winehouse.

Proyek penulisan lagu baru untuk mereka ini, merupakan bagian dari sebuah proyek yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya dukungan kesehatan mental.

Organisasi Toronto Over The Bridge telah membuat kompilasi yang menampilkan lagu-lagu yang dibuat melalui kecerdasan buatan, dengan gaya kedua musisi, Kurt Cobain dan Amy Winehouse, yang meninggal pada usia 27 tahun.

‘Drowned In The Sun - Lost Tapes Of The 27 Club’ adalah kompilasi lagu yang sebagian besar dibuat oleh komputer. Lagu-lagu ini bertujuan untuk menarik perhatian para musisi yang berjuang melawan depresi dan masalah kesehatan mental lain, serta dukungan yang ditawarkan kepada mereka.

“Bagaimana jika semua musisi yang kita cintai ini memiliki dukungan kesehatan mental?” kata Sean O’Connor, anggota dewan direksi Over The Bridge kepada Rolling Stone.

“Entah bagaimana dalam industri musik, (depresi) dinormalisasi dan diromatisasi… Musik mereka dipandang sebagai penderitaan sejati,” tambahnya.

Melansir NME, kompilasi ini dibuat melalui program AI milik Google, Magenta, yang menganalisis karya seniman sebelumnya untuk mempelajari cara menulis lagu mereka. Program AI lain ekmduian digunakan untuk membuat liriknya.

Over The Bridge merupakan organisasi yang bekerja untuk membantu para anggota dari industri musik menghadapi kesehatan mental, menawarkan dukungan melalui lokakarya, sesi Zoom, dan lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...