(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Perawatan Kulit Pria, Ini Loh 5 Produk yang Disarankan

Muchdi
Muchdi

Perawatan Kulit Pria, Ini Loh 5 Produk yang Disarankan ilustrasi

WinNetNews.com - Tak hanya wanita, kulit laki-laki pun juga membutuhkan perawatan. Bukan berarti pria yang merawat kulitnya itu terlihat seperti perempuan, lho. Merawat kulit penting bagi semua kalangan untuk menjaga kesehatannya.

Namun bedanya, pria biasanya lebih memilih perawatan kulit dengan cara yang paling praktis dibandingkan wanita yang lebih telaten. Saat ini sudah banyak produk perawatan kulit pria yang dijual di pasaran.

 Bagaimana cara tahu produk itu cocok bagi kebutuhan? Apa saja produk perawatan kulit yang dibutuhkan oleh pria? Sebelum memilih produk perawatan kulit yang tepat, para pria juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis kulit.

 Pasalnya, jika sembarangan justru akan merusak kulit. Menurut American Academy of Dermatology Association ada beberapa jenis kulit wajah pada pria:

  • Kulit sensitif. Kulit yang sensitif biasanya mudah terbakar atau mengalami iritasi  setelah penggunaan produk.
  • Kulit normal.
  • Kulit kering. Kulitnya mudah terkelupas, terasa gatal atau kasar
  • Kulit berminyak. Kulit cenderung berminyak
  • Kulit kombinasi. Di beberapa bagian wajah ada yang berminyak, dan sebagiannya lagi tidak.

Seperti dikutip dari Kompas, Jakarta, Jumat (30/3/2018), menurut American Academy of Dermatology Association ada beberapa produk perawatan kulit pria yang direkomendasikan:

1. Pelembap

Kulit laki-laki juga membutuhkan pelembap untuk menjaga tekstur kulitnya. Pelembap bekerja dengan menjebak air di kulit yang bisa membantu mengurangi garis-garis halus dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Untuk hasil terbaik, sebaiknya oleskan pelembap ke wajah dan juga tubuh saat kulit masih lembap, seperti setelah mandi, atau setelah cukur. 

2. Sabun muka

 Pria juga perlu untuk mencuci mukanya setiap hari apalagi setelah berolahraga. Sabun mandi biasa umumnya mengandung bahan keras yang bisa mengeringkan kulit wajah. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sabun muka yang cocok dengan jenis kulit masing-masing. Gunakan sabun cuci muka 1-2 kali per hari. 

 3. Alat cukur dan krim cukur jenggot

Pilihlah pisau cukur yang tepat dan nyaman untuk wajah. Gunakan pisau cukur bermata tunggal untuk melindungi kulit dari iritasi. Dengan jenis alat cukur ini, kita juga akan mengurangi potensi rambut yang tumbuh ke dalam, terutama bagi yang memiliki jenggot keriting.

Gantilah pisau cukur setelah digunakan maksimal 2 kali, jangan terlalu lama menggunakannya untuk menjaga kebersihan pisau cukur. Selain itu, gunakan krim cukur yang melembapkan kulit dan mencegah iritasi. Cukurlah ke arah pertumbuhan rambut.

4. Scrub Wajah

Seorang dermatologist dari Mount Sinai Hospital New York City merekomendasikan para pria juga menggunakan scrub atau produk eksfoliating. Produk ini digunakan untuk membantu angkat sel-sel mati di kulit.

Produk perawatan kulit pria ini sebaiknya dipakai sebanyak 2 kali dalam seminggu. Scrub juga bisa mencegah jenggot atau bulu halus tumbuh ke dalam. Namun hati-hati jangan terlalu sering menggunakannya, karena akan bikin kulit iritasi.

 5. Tabir surya

Untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat sinar matahari yang bisa menimbulkan keriput, bintik hitam, dan bahkan kanker kulit, sebelum pergi keluar rumah gunakan tabir surya. Aplikasikan di kulit muka, telinga, dan juga leher.

Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya dengan board-spectrum, artinya tabir surya yang bisa menangkal jenis sinar UV A maupun UV B dari matahari. Selain itu, gunakan juga produk sunscreen yang tahan air dan memiliki SPF minimal 30.

Selain sunscreen yang digunakan, kita juga bisa melindungi kulit dengan mengenakan kacamata hitam dan topi di bawah terik matahari.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});