Perbaikan Jalan Tol Kanci-Pejagan Sudah Pada Tahap 70%, Juni Bakal Siap Beroperasi
Sumber Foto : Istimewa

Perbaikan Jalan Tol Kanci-Pejagan Sudah Pada Tahap 70%, Juni Bakal Siap Beroperasi

Senin, 25 Apr 2016 | 19:47 | Rike

WinNetNews.com- Pembangunan jalan tol Trans Jawa, yang menjadi bagian dari program 1.000 km jalan tol dalam 5 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terus dikebut. Pekerjaan tidak hanya fokus di pembangunan baru, tetapi juga pada perbaikan tol dianggap tidak layak operasi.

Salah satunya yaitu tol Kanci-Pejagan, kini, jalan tol sepanjang 35 km tersebut sedang dirombak. Sejak PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ambilalih sebagian besar kepemilikan jalan tol itu, proses perbaikan terus dilakukan. Progres perkembangan perbaikan kini sudah capai 70%."Jalur A arah Semarang untuk Lebaran sekarang sudah 70%," terang Kepala Proyek Tol Kanci-Pejagan, Yudi Kustiaji, di Gerbang Tol Brebes Timur, Brebes, Jawa Tengah, Senin (25/4/2016).Selain itu guna pekerjaan pengaspalan jalur ini sudah mencapai 48%, pembongkaran beton lama 97%, dan pengecoran jalan sudah 77%, diharapkan Juni 2016 bakal siap beroperasi."Progresnya untuk pekerjaan secara total pengaspalan 48% jalur Jakarta-Semarang lebih rinci lagi untuk pekerjaan pembongkaran beton lama 97% hanya kurang lebih 3% akan dibongkar berapa titik dan pengecoran untuk pengerasan jalan. Pengecoran sudah 77% kembali target selesai medio 4 bulan Mei 2016 setelah pengecoran lanjut pengaspalan dan bisa dilalui secara total siap dilewati Juni 2016," ungkap Kepala Cabang Tol Integrasi Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang Seksi 1 dan 2, Zulmarlian Iskandar.

Berdasarkan pantauan, ketika susuri jalan tol itu sudah mulus dan dibeton. Tampak masih dilakukan pekerjaan di gardu tol keluar Brebes Timur yang menjadi bagian dari ruas tol Kanci-Pejagan. Jalan tol Kanci-Pejagan merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa. Jalan tol yang dibangun pada 2008-2010 tersebut hubungkan Kanci yang berada di Cirebon hingga Pejagan di Brebes, lintasi kota dan Kabupaten Cirebon, serta Kabupaten Brebes.

Jalan tol ini dimiliki dan dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, semula adalah anak usaha Bakrie Toll Road. Lalu pada November 2012 PT MNC Infrastruktur Utama mengakuisisi Bakrie Toll Road, dan secara otomatis seluruh jalan tol yang dikelola Bakrie Toll Road termasuk PT Semesta Marga Raya dikuasai penuh perusahaan milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo. Pada September 2015, Waskita Karya ambil alih sebagian besar kepemilikan saham PT Semesta Marga Raya. Proses akuisisi berbarengan dengan akuisisi dua Badan Usaha yang kelola dua jalan tol lainnya, yaitu PT Pemalang Batang Toll Road pengelola jalan Tol Pemalang-Batang, serta PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, pengelola jalan Tol Pasuruan-Probolinggo.Dalam perusahaan gabungan itu, Waskita menguasai 61,5% saham dan MNC Infrastruktur menguasai 38,5%. Jelang akhir 2015, Waskita tambah porsi kepemilikannya di PT Waskita MNC Trans Jawa Toll Road, sehingga porsi yang dikuasai perusahaan konstruksi pelat merah ini jadi 99,99%.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...