Perbankan Diminta Lakukan Tes Tekanan

Rusmanto
Kamis, 13 Agustus 2015 16:18 WIB
Oleh Rusmanto pada Kamis, 13 Agustus 2015 16:18 WIB
Image Perbankan Diminta Lakukan Tes Tekanan

Posisi dolar sudah menembus Rp 13.800, meski saat sudah kembali ke Rp 13.745.

Perbankan diminta melakukan tes tekanan (stress test) hingga bisa dinilai, sampai level rupiah berapa, perbankan masih bisa menahan tekanan.

"Di level berapa bisa saja namanya skenario, bisa ekstrem bisa tidak, tapi kan harus make sense, bisa Rp 15.000 atau Rp 14.000," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, saat ditemui di Gedung Djuanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Muliaman menjelaskan, pihaknya dengan otoritas terkait selalu memantau perkembangan gerak rupiah dengan melakukan tes tekanan ini. Hasilnya, perbankan Indonesia tahan terhadap gejolak pasar keuangan.

Muliaman menyebutkan, saat ini tingkat risiko kredit perbankan masih di level aman. Rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) nett tercatat 1,25% dan NPL gross 2,55%.

"NPL naik tapi kan bisa diatasi. Kami sudah antisipasi," kata Muliaman. (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Iriawan Kasihan Dengan SBY

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.