Perbedaan Gagal Jantung Kanan dan Gagal Jantung Kiri
ilustrasi

Perbedaan Gagal Jantung Kanan dan Gagal Jantung Kiri

Rabu, 1 Jul 2020 | 10:27 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Gagal jantung merupakan salah satu masalah kesehatan jantung yang menyebabkan jantung tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi ini terbagi ke dalam tiga tipe, yaitu gagal jantung kiri yang terdiri dari gagal jantung sistolik dan diastolik, gagal jantung kanan, serta gagal jantung kongestif. 

Jika Anda sudah sering mendengar mengenai gagal jantung kiri, bagaimana dengan gagal jantung sebelah kanan? Simak penjelasan lengkap mengenai salah satu tipe gagal jantung berikut ini.

Gagal jantung kanan, tipe gagal jantung yang jarang diketahui

Tidak banyak yang mengetahui bahwa gagal jantung tidak hanya bisa terjadi di sebelah kiri, tapi juga sebelah kanan. Ya, menurut American Heart Association (AHA), gagal jantung terbagi ke dalam tiga tipe, dan salah satunya adalah gagal jantung sebelah kanan.

AHA menjelaskan bahwa jantung memompa darah kotor, yaitu darah yang telah digunakan oleh tubuh, untuk kembali ke jantung melalui pembuluh darah menuju atrium kanan hingga ke ventrikel kanan.

Saat darah sudah berada di ventrikel kanan, darah kotor dipompa keluar dari jantung menuju paru-paru untuk dibersihkan dengan oksigen. Baru setelah itu, darah yang sudah bersih siap kembali dibawa ke jantung untuk dipompa kembali ke seluruh tubuh.

Gagal jantung kanan biasanya terjadi karena pasien mengalami gagal jantung sebelah kiri. Saat jantung sebelah kiri gagal, terjadi tekanan cairan yang menyebabkan cairan kembali ke paru-paru. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada bilik kanan jantung.

Saat bilik kanan jantung kehilangan kemampuan untuk memompa darah, darah kembali masuk ke pembuluh darah di seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Sebagai contoh pada kaki, pergelangan kaki, hingga liver dan saluran pencernaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...