Percaya Gak Kalau Senyum Bikin Wajahmu Tampak Tua?
Foto: Pexels

Percaya Gak Kalau Senyum Bikin Wajahmu Tampak Tua?

Kamis, 11 Mei 2017 | 10:14 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Tersenyum membuat wajah lebih muda belum tentu benar adanya. Mungkin kamu sering melihat orang yang tertawa dan tersenyum, terlihat muda dan bahagia sekali.

Tapi menurut studi baru, yang dipublikasikan di Psychonomic Bulletin and Review Journal, telah menyarankan bahwa tersenyum dapat membuat kamu muncul dua tahun lebih tua dari pada sebelumnya.

Periset melayangkan serangkaian gambar orang yang sama baik tersenyum, berwajah netral atau wajah terkejut pada sekelompok 40 peserta dan mendapati bahwa mereka menganggap wajah terkejut terlihat lebih muda dan mereka yang tersenyum untuk menjadi yang tertua, meskipun mereka orang yang sama.

"Hal yang mencolok adalah ketika kami meminta kepada para peserta kemudian tentang persepsi mereka, mereka secara keliru mengingat bahwa mereka telah mengidentifikasi wajah tersenyum sebagai yang termuda," kata penulis utama Melvyn Goodale, direktur Brain and Mind Institute di Universitas Barat di Kanada.

"Mereka benar-benar buta terhadap kenyataan bahwa mereka telah 'menua'dengan wajah-wajah yang tampak bahagia. persepsi mereka dan keyakinan mereka berlawanan.” katanya.

Tuan Goodale mengatakan ini bertentangan dengan penggunaan arus utama untuk tersenyum dalam iklan untuk perawatan kulit, termasuk produk anti penuaan, dan perusahaan pemutih gigi.

Dia menyarankan agar efek penuaan senyum berasal dari ketidakmampuan orang untuk mengabaikan keriput - atau 'tawa baris' - yang terbentuk di sekitar mata saat tersenyum. Di sisi lain, terkejut terlihat keriput keriput ini

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...