Skip to main content

Pergi Haji, Jangan Lupa Cobain 5 Kuliner Khas Arab ini!

Pergi Haji, Jangan Lupa Cobain 5 Kuliner Khas Arab ini!
Pergi Haji, Jangan Lupa Cobain 5 Kuliner Khas Arab ini!

winnetnews.com - Idul Adha sebentar lagi tiba, musim haji pun sudah datang. Tepat awal September, umat muslim akan menjalani ritual puncak haji di tanah suci. Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk kebutuhan pribadi maupun kesiapan fisik dan mental.

Tapi disamping itu, kesiapan lain juga harus dipikirkan. Misalnya dengan mencari tahu makanan apa saja yang nantinya bisa jadi santapan nikmat. Status kehalalan makanan pastinya jadi hal yang sangat dinomorsatukan, tetapi soal cita rasa itu akan kembali ke selera masing-masing.

Selama menjalani ibadah Haji sudah pasti makanan yang disantap adalah makanan Arab yang cita rasanya berbeda dengan makanan Indonesia. Cobalah beradaptasi dan nikmati berbagai pilihan makanan sedap pengganjal perut.

Berikut ini rekomendasi 5 kuliner Arab yang wajib dicoba saat menjalani ibadah haji. Jangan sampai tak mencicip ya.

Kunafa

Makanan ini termasuk jenis dessert dan cukup dikenal di Makkah, Mesir, Lebanon dan Turki. Dessert manis ini terbuat dari phillo pastry yang dipotong tipis-tipis kemudian disiram dengan sirup gula. Kunafa biasa disajikan dengan isian kismis, kelapa parut, kacang-kacangan dan krim. Beberapa varian kunafa juga disajikan dengan keju mozzarella dan tambahan kayu manis. Yang membuatnya unik, sirup gula dalam kunafa juga dicampur dengan air mawar yang membuat aroma serta rasanya khas.

Nasi mandy

Sebagai makanan berat, nasi mandy termasuk yang paling populer di Arab. Nasi ini terbuat dari beras basmati yang memiliki ciri bulir panjang dan bertekstur pulen. Untuk membuat rasanya lezat, beras ini dimasak bersama berbagai bumbu dan rempah khas Arab mulai dari jintan, adas, kayu manis, saffron hingga lada hitam. Nasi mandy disajikan dengan berbagai pelengkap yang umumnya berupa daging ayam atau daging domba panggang. Porsinya yang cukup besar membuat nasi mandy biasa dimakan secara bersama –sama.

Nasi biryani

Tak berbeda jauh dengan nasi mandy, suguhan nasi biryani juga jadi santapan nikmat yang bisa mengganjal perut kala tengah melaksanakan ibadah haji. Nasi biryani dimasak bersama rempah, sayuran dan daging. Bedanya dengan nasi mandy, nasi biryani punya aroma dan rasa yang lebih pekat serta kuat. Nasi biryani sebenarnya berasal dari Persia, kata biryani sendiri memiliki arti goreng atau panggang. Nasi biryani biasa disajikan dengan daging kambing atau domba panggang.

Falafel

Jajanan asal Arab ini termasuk yang paling populer. Falafel termasuk dalam jenis jajanan karena bentuknya yang kecil dan bisa dimakan dengan mudah, bahkan sambil beraktifitas. Falafel terbuat dari adonan kacang faca dan memiliki rasa pedas dan gurih. Falafel dimasak dengan cara digoreng sehingga teksturnya renyah. Biasanya falafel disajikan dengan topping sayuran, acar,salad dan berbagai saus khas. Saking banyaknya penjual falafel di Arab, makanan ini bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan pinggir jalan negeri Saudi.

Fast food Al Baik

Jika lidah masih belum familiar dengan rasa makanan Arab yang strong, maka Anda bisa mencoba datang ke restoran cepat saji. Di Arab ada restoran cepat saji yang menyajikan berbagai makanan ala fast food Amerika, namun bedanya pemilik restoran adalah orang Palestina.

Di restoran Al Baik, banyak menu makanan yang bisa dipilih mulai dari ayam goreng, kentang goreng, burger, sandwich hingga minuman bersoda. Jika biasanya ayam goreng disajikan dengan seporsi nasi maka di restoran ini ayam goreng hadir bersama kentang goreng ataupun roti burger yang dimakan dengan cara disobek. Harganya juga cukup ramah di kantong yakni sekitar 14 Riyal atau sekitar Rp 48.000 untuk paket lengkapnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top