Perhatikan! Makanan Ini Tak Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Perhatikan! Makanan Ini Tak Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Rabu, 27 Jan 2016 | 16:10 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Makanan pada umumnya memiliki nutrisi yang saling melengkapi. Namun, ada beberapa makanan atau minuman yang dianggap enak lantas dikonsumsi setiap hari, sehingga kebutuhan gizinya menjadi berlebihan dan tidak dibutuhkan tubuh. Untuk itu, ada beberapa makanan yang perlu dibatasi. Yuk simak ulasannya.

1. Susu

Segelas susu setiap hari. Seolah jargon iklan itu memberikan persepsi bahwa kita harus mengkonsumsi susu pada saat sarapan, setelah makan siang, atau mungkin sebelum tidur.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan susu. Namun mengkonsumsinya setiap saat juga tidak akan memberikan manfaat. Justru kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi akan membuat diet harian Anda gagal.

Cobalah berhenti minum susu selama satu bulan dan perbanyak mengonsumsi air putih. Hal kecil seperti ini akan membantu penurunan berat badan sekaligus membersihkan kulit Anda.

2. Makanan manis

Banyak orang memiliki kebiasaan ingin mengkonsumsi makanan yang manis sehabis makan. Ketahuilah, ini tidak perlu dan Anda mungkin tahu itu.

Penambahan gula setelah makan hanya akan meningkatkan gula dalam darah, sehingga dapat berisiko diabetes. Biasakan untuk mengonsumsi buah terlebih dahulu untuk menghindari antrean cerna dalam usus dan proses penyerapan nutrisi lebih baik.

3. Karbohidrat untuk makan malam

Ini yang paling sering dilakukan hampir semua orang. Rasa lapar karena makan sedikit pada siang hari membuat nafsu makan mereka lebih tinggi pada malam hari. Masalahnya, makanan tinggi karbohidrat cenderung dipilih.

Sebagai alternatif pilihan makan malam, Anda bisa mengkonsumsi protein dan lemak sehat, seperti ikan atau kacang-kacangan dengan sayur. Dan yang terpenting, jangan langsung tidur setelah makan.

4. Kentang

Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Harvard, kentang mungkin bukan pilihan yang tepat untuk diet. Kentang menawarkan 37 gram dan 5 gram karbohidrat serta protein. Dibanding kentang, sayuran segar merupakan makanan yang rendah kalori dan menyehatkan.

5. Makanan sehat

Camilan sehat harus diganti dengan makanan bergizi yang nyata. Namun, seperti apa makanan sehat? bukan lagi berpedoman pada slogan 4 Sehat 5 Sempurna (4S5S) namun Pedoman gizi seimbang (Nutrition Guide for Balance Diet). Makanan pokok dan sayuran harus seimbang jumlahnya. Sedangkan sisanya untuk lauk pauk dan buah. Ditambah peringatan untuk membatasi gula, garam dan minyak serta minumnya air putih.

Dilansir dari laman Times of India

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...