Perilaku Anak Anjing Bisa Dilihat dari Asuhan Induknya Loh!
Foto: Earth Porm

Perilaku Anak Anjing Bisa Dilihat dari Asuhan Induknya Loh!

Selasa, 8 Agt 2017 | 10:06 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Hanya anjing bertaring tertentu yang memiliki disiplin untuk menjadi pemandu bagi orang buta, dan induk anjing memiliki "cinta tangguh" untuk anak anjing. Ada banyak pelajaran yang diberikan induk anjing untuk anak-anak mereka.

"Ketika induk anjing mengizinkan anak-anak anjing mereka untuk belajar sendiri dalam lima minggu pertama kehidupan mereka, tanpa memanjakan mereka terlalu banyak, anak-anak anjing mereka tumbuh menjadi anjing pemandu yang lebih baik," kata laporan dalam Prosiding National Academy of Sciences.

Periset di University of Pennsylvania pada dasarnya menanamkan diri di The Seeing Eye, membawa video dan mengamati 23 induk anjing dan 98 anak anjing selama lima minggu pertama kehidupan mereka, kata laporan tersebut.

"Kami ingin tahu apakah kami bisa membedakan para ibu berdasarkan bagaimana mereka berinteraksi dengan anak anjing mereka," kata penulis utama Emily Bray.

"Kami mendokumentasikan hal-hal seperti posisi keperawatannya, berapa banyak waktu yang dia habiskan saat jauh dari anak-anak anjing dan berapa banyak waktu yang dia habiskan di dekat anak-anaknya, menjilati dan merawatnya."

Dua tahun kemudian, para periset kembali untuk mengejar ketinggalan dengan anjing dan menemukan bahwa mereka yang memiliki induk yang lebih perhatian cenderung tidak lulus dan menjadi pemandu.

Ukuran keberhasilan yang utama adalah apakah induk anjing mengasuh anak-anak mereka sambil berdiri atau berbaring.

"Jika seorang induk terbaring, anak-anak anjing pada dasarnya memiliki akses bebas untuk menyusu, tapi jika induk tersebut berdiri, maka anak-anak anjing harus bekerja untuk mendapatkannya," kata rekan penulis Robert Seyfarth.

"Sebuah hipotesis, mungkin kamu harus memberi keturunanmu rintangan kecil yang bisa mereka atasi agar mereka bisa sukses di kemudian hari karena, seperti kita ketahui, kehidupan sebagai orang dewasa melibatkan rintangan." kata peneliti.

Paralel pasti bisa ditarik ke perilaku manusia, karena para ahli memperingatkan bahwa "mengasuh anak helikopter" dapat merugikan kesejahteraan anak-anak, sekaligus mendorong kemandirian dan kesegaran dalam menghadapi kesulitan memiliki manfaat seumur hidup.

Ketika membicarakan anjing, para periset terus mempelajari bagaimana kecemasan seorang ibu dapat diteruskan ke anak-anaknya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...