Perilaku Sehat dalam Menggunakan Pembalut

Perilaku Sehat dalam Menggunakan Pembalut

Wingamers – Masih banyak wanita yang kurang memperhatikan kebersihan diri, pakaian, dan tempat sekitar saat menstruasi. Selain rutin mengganti pembalut, masih ada beberapa kebiasaan bersih yang seharusnya dilakukan.

Biasanya wanita lebih mengutamakan faktor kemanan seperti memilih pembalut yang tidak mudan bocor atau tembus. Padahal ada yang lebih penting dari itu, yaitu kesehatan untuk kulit. Melansir laman dreamersradio, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat sebelum dan hendak menggunakan pembalut. Let’s check it out.

1. Hindari bahan pemutih dan pewangi

Sebisa mungkin hindari penggunaan produk pembalut yang mengandung bahan pemutih dan pewangi karena kedua bahan tersebut bisa menimbulkan iritasi dan alergi.

2. Penanganan yang sesuai

Bedakan reaksi alergi dan iritasi yang terjadi karena pembalut karena keduanya memiliki penanganan yang berbeda. Reaksi iritasi lebih dominan rasa perih, meski ada sedikit gatal. Reaksi akan berhenti ketika pembalut tidak digunakan lagi. Sedangkan pada reaksi alergi, dominan rasa gatal, dan tidak akan berhenti meski pembalut dilepas. Untuk menghilangkannya perlu minum obat antialergi.

3. Cuci tangan

Mencuci tangan sebelum dan sesudah memasang pembalut itu sangat penting. Mencuci tangan sebelum memasang pembalut dimaksudkan agar kuman yang ada di tangan tak menyebar ke pembalut yang mungkin bisa mengiritasi.

4. Simpan di tempat kering

Simpan pembalut di tempat kering. Jangan letakkan di tempat lembab, misalnya kamar mandi. Menyimpan pembalut di tempat lembab akan menyebabkan timbulnya bakteri, sehingga bisa terjangkit infeksi vagina dan jamur.