Peringatan!!! Pengunjung Dilarang Pegang Stupa di Borobudur

Peringatan!!! Pengunjung Dilarang Pegang Stupa di Borobudur

Selasa, 21 Jun 2016 | 09:24 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Saat ini banyak stupa-stupa yang ada di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah rusak. Hal ini disebabkan oleh tangan jahil para pengunjung. Untuk menghindari makin banyaknya stupa-stupa lain rusak, Balai Konservasi Borobudur melarang pengunjung memegang dan menginjak stupa-stupa yang ada di Candi Borobudur. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan warisan budaya dunia tersebut.

Menurut Kepala Humas Balai Konservasi Borobudur, Mura Aristina mengatakan, sebenarnya para petugas keamanan tidak henti-hentinya mengingatkan para pengunjung melalui pengeras suara agar tidak memegang dan menginjak stupa.

"Bukti bahwa memegang stupa bisa rusak sudah ada. Kendati dari batu, kalau lama-lama dipegang pasti rusak juga. Di bagian bawah ada batu stupa yang halus sehingga bentuk aslinya hilang karena terlalu sering dipegang pengunjung," kara Mura, selasa (21/6).

Ia mengatakan, memang tidak ada sanksi khusus bagi pengunjung yang kedapatan memegang stupa, namun larangan itu untuk menggugah kesadaran pengunjung agar ikut menjaga kelestarian Candi Borobudur.

Pengelola Borobudur juga melarang pengunjung memegang patung di dalam stupa karena juga bisa mengakibatkan kerusakan lebih parah lagi. "Kalau mau pegang patung kan kaki harus menginjak bagian bawah stupa juga. Lha pasti lama-lama batu rusak juga kalau diinjak," ujarnya.

Untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur, Balai Konservasi Borobudur secara berkala membersihkan lumut dengan air bertekanan dan tidak menggunakan obat berbahan kimia untuk membersihkan lumut yang menempel di bebatuan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...