(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Peringkat FIFA : Indonesia Di Bawah Timor Leste

Yudha Raditya
Yudha Raditya

Peringkat FIFA : Indonesia Di Bawah Timor Leste
Jakarta - FIFA (Badan sepakbola dunia) kembali merilis peringkat dunia, Indonesia yang bergabung dengan FIFA sejak 1972, kini Indonesia berada di peringkat 171 dari 209 negara anggota FIFA. Ini menjadi rekor terburuk Indonesia selama bergabung menjadi anggota FIFA. Rangking terbaru ini dirilis FIFA per 1 Oktober 2015.

Indonesia yang sebelumnya menempati peringkat terburuk pada 170 pada tahun 2012-2013, yang kala itu terjadi ketika terjadi dualisme federasi pada Oktober 2012 hingga September 2013.

Dan kini Indonesia dilewati oleh negara Timor Leste. Sejak pembekuan PSSI hingga sanksi FIFA per 30 Juni 2015 lalu, peringkat Indonesia merosot. Timor Leste; negara bekas pecahan Indonesia ini menempati peringkat 170 atau satu peringkat di atas Indonesia.

Prestasi Indonesia kian terpuruk sejak dijatuhkan sanksi oleh FIFA. Sanksi FIFA membuat semua timnas kelompok umur absen di level internasional. Tidak heran bila peringkat FIFA terus merosot. Sejak Juli 2015 sebulan setelah sanksi FIFA, Indonesia menempati peringkat 164 atau turun 9 peringkat dari posisi 155 periode Juni. Pada Agustus, Indonesia berada di posisi 165. Pada September rangking Indonesia statis. Baru di Oktober ini, peringkat Indonesia merosot lagi.

Sementara itu, peringkat teratas masih dimiliki Argentina dengan 1442 poin. Posisi itu tersebut tidak berubah. Sedangkan, peringkat kedua ditempati juara dunia 2014, Jerman dengan 1248 poin. Tim besutan Joachim Low ini naik satu peringkat. Posisi ketiga ditempati Belgia diikuti Portugal. Kolombia melengkapi daftar lima besar negara dengan peringkat FIFA terbaik.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});