(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Peringkat Universitas Indonesia di Tingkat Asia Dan Dunia

Oky
Oky

Peringkat Universitas Indonesia di Tingkat Asia Dan Dunia sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Pada tahun ini, Universitas Indonesia kembali menorehkan catatan yang bagus dalam memperebutkan posisi peringkat universitas di tingkat Nasional, Asean, Asia hingga Dunia. Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1949 ini, memang selalu menunjukkan kualitasnya sebagai Universitas terbaik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Dilihat dari situs 4icu, yaitu sebuah website pendidikan dunia yang selalu update mengeluarkan daftar peringkat universitas yang ada di dunia, berikut ini adalah posisi Universitas Indonesia:

Nasional

Universitas Indonesia saat ini menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia, menggantikan posisi Universitas Gadjah Mada yang saat ini berada di posisi kedua. Memang dalam beberapa tahun terakhir, posisi teratas selalu diperebutkan oleh tiga kampus ternama Indonesia.

yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung yang silih berganti memperebutkan posisi 1,2 dan 3.

Asean

Di tingkat Asean yang terdiri dari ratusan universitas yang tersebar di sepuluh negara, Universitas Indonesia menduduki peringkat keempat, di bawah Universitas KAIST (Thailand) yang menduduki peringkat ketiga.

Sementara itu, Peringkat 1 dan 2 diisi oleh dua universitas dari Singapura yaitu Nanyang Technological University (2) dan National University of Singapore berada di peringkat pertama.

Asia

Universitas Indonesia masuk dalam 50 besar daftar universitas terbaik di Asia, tepatnya berada pada posisi 47. Untuk posisi 48 juga diduduki oleh universitas dari Indonesia lainnya yaitu Universitas Gadjah Mada. Sementara itu, peringkat pertama diduduki oleh universitas asal negeri sakura yaitu University of Tokyo.

Berbeda halnya dengan dua universitas dari Indonesia yang masuk ke peringkat 50 besar Asia. Universitas terbaik asal negara Malaysia yaitu Universiti Teknologi MARA hanya bisa menempati peringkat 91. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan universitas di Indonesia jauh lebih baik daripada Universitas di Malaysia.

Namun dilemanya adalah masih banyak juga pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke universitas-universitas di Malaysia.

Dunia

Walau tak bisa berbicara banyak di kancah dunia, namun Universitas Indonesia cukup bisa membuktikan kualitasnya dengan menduduki peringkat 534 dari puluhan ribu universitas yang ada di dunia. Sementara itu, ranking 1 hingga 15 didominasi oleh universitas yang ada di Amerika seperti Massachusetts Institute Technologhy (1),Harvard University (2) dan Stanford University (3).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});