Skip to main content

Perjuangan Serikat Pekerja Haruslah Lebih Efektif

menaker hanif source: website kemnaker.go.id
menaker hanif source: website kemnaker.go.id

WinNetNews.com - Saat ini persaingan tidak bisa dihindari. Oleh karenanya, perusahaan harus meningkatkan daya saing. Tenaga kerja memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan daya saing tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyampaikan hal ini saat memberikan arahan pada acara penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) dengan Serikat Pekerja PT. Pelabuhan Indonesia II periode 2016-2018, seperti dilansir dari website Kemnaker.go.id.

"Semakin majemuk serikat pekerja, semakin terpolarisasi. Itu akan melemahkan serikat pekerja. Soliditas serikat pekerja itu penting," terang Menaker di Kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/11).

Kedepan, tambah Menaker, Serikat Pekerja harus mulai memikirkan supaya perjuangannya lebih efektif. Contohnya, serikat pekerja harus dapat melihat kemungkinan penyederhanaan organisasi seperti penyederhanaan jumlah partai.

"Faktor yang mempengaruhi harmonis dan tidaknya hubungan industrial adalah leadership, komunikasi, dan keterbukaan. Serikat pekerja merupakan instrumen penting untuk menciptakan hubungan industrial yang haromins," ungkap Menaker.

Menaker Hanif juga mengingatkan, tujuan utama bisnis bukanlah hanya soal mencetak uang, atau mencari keuntungan. Tapi bagaimana mencari pelanggan sebanyak banyaknya, dan untuk menuju kearah itu jelas dibutuhkan dukungan tenaga kerja.

"Keterikatan antara pekerja dan perusahaan masih kurang," ucapnya

Menaker menambahkan, penandatanganan PKB adalah bentuk nyata dari pentingnya suatu komitmen bersama antara manajemen dan Serikat Pekerja dalam merumuskan PKB menjadi pedoman bersama yang mengatur pelaksanaan hubungan kerja antara pengusaha dan karyawan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top