(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Perkembangan Kunci Mobil dari Dulu Hingga Sekarang

Rusmanto
Rusmanto

Perkembangan Kunci Mobil dari Dulu Hingga Sekarang ilustrasi

WinNetNews.com - Kunci mobil dulu mungkin hanya sekadar kunci saja, terbuat dari besi sama seperti kunci-kunci lainnya. Namun zaman semakin berkembang, begitupun dengan teknologi. Bentuk kunci mobil pun ikut berubah. 

Seperti apa saja ubahannya, yuk kita simak perubahan bentuk kunci mobil dari masa ke masa seperti dilansir Car and Driver, Rabu (3/1/2018).

image0

Tahun 1949 misalnya, model Chrysler masih memiliki kunci mobil yang bisa dibilang sudah cukup modern. Dimana saat kunci dicolok, kemudian diputar mobil bisa langsung menyala. 

Kemudian pada tahun 1965, Ford mengenalkan kunci kontak mobil dua sisi yang masih digunakan oleh mobil-mobil zaman now. 

Beralih ke tahun 1980-an, Chevrolet membuat kunci mobil agar mobil sulit untuk dicuri. Chevy menambahkan kode resistor di setiap kunci mobilnya yang dibutuhkan saat akan menstarter mobil. 

Kunci semakin canggih saja. Pada tahun 1987 Cadillac mengenalkan kunci mobil yang berbentuk remote. Mengunci dan menutup mobil hanya tinggal menekan tombol yang ada di remote saja. Tahun 1990-an kunci mobil menggunakan remote mulai banyak digunakan. 

Berbeda dengan beberapa pabrikan yang sudah menggunakan remote, Lexus memilih hal yang berbeda yakni kunci mobil biasa namun dipotong dengan menggunakan laser. Dengan begitu bentuk kunci pun berbeda dan sulit diduplikat sehingga diklaim lebih aman. 

Pada tahun yang sama Mercedes-Benz juga mengenalkan kunci mobil yang dinamakan 'Switchblade' yang bisa mengunci mobil dari jarak jauh. Desain ini kemudian ditiru oleh Volkswagen yang menerapkan pad saetiap mobil produksinya.

Evolusi kunci mobil terus berkembang, tahun 1993, Chevrolet kembali mengenalkan teknologi kunci mobil yang lebih canggih yakni Passive Keyless Entry. Mobil bisa mengunci dan membuka otomatis saat kunci berada di dekat mobil tanpa perlu menekan tombol apapun. Namun untuk menyalakan mobil tetap diperlukan kunci biasa. 

Tak lagi berbentuk seperti kunci mobil, tahun 2003, Mercedes-Benz membuat kunci mobil yang bentuknya menyerupai kartu kredit dan cukup untuk dimasukkan ke dalam dompet. Tapi bentuk kunci sayangnya berumur pendek karena kurang tahan lama. Setahun setelahnya, Mercy mengadopsi teknologi yang sama namun membuat kunci bisa lebih kuat. 

Kunci mobil berbentuk remote memang bukan hal baru di tahun 2004. Tetapi Chevrolet sedikit membuatnya berbeda yakni bisa menyalakan mobil dari jarak jauh pula.

Tahun 2016 BMW membuat kunci mobil lebih canggih lagi yakni lewat model Seri 7. Kunci mobil memiliki layar kecil seperti halnya ponsel dan juga bisa disentuh.

Kunci mobil tak hanya sekadar membuka, menutup kunci dan juga menyalakan mobil. Kunci BMW ini juga bisa memarkirkan kendaraan walaupun tak ada sopir di dalamnya. Layar sentuh pada kunci mobil juga berisi berbagai informasi mulai dari lampu mana yang menyala, mobil sudah terkunci atau belum, bensin, dan kapan selanjutnya si pemilik diharuskan menservis mobil. Kunci dicas menggunakan koneksi micro USB. 

Walaupun tak punya mobilnya, kunci mobil Tesla membuat kita merasa memiliki mobil itu karena kunci mobil bisa dioperasikan lewat ponsel. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});