Perlu Ada Edukasi Cegah Bullying di Masyarakat

Perlu Ada Edukasi Cegah Bullying di Masyarakat

Rabu, 20 Jan 2016 | 17:07 | kontributor
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo menggelar rapat bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait kasus kekerasan terhadap anak. Jokowi menyebut kasus kekerasan terhadap ibarat fenomena gunung es.

Jokowi mengatakan, tindak kekerasan anak baik dalam bentuk kekerasan seksusal, fisik atau pun psikis masih terus terjadi. "Dan saya melihat kasus ini seperti fenomena gunung es di permukaan," kata Jokowi saat membuka rapat di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2016).

Berdasarkan laporan KPAI, Jokowi memaparkan catatan 369 pengaduan terkait masalah bullying sejak tahun 2011 hingga tahun 2014. Namun Jokowi meyakini jumlah kasus kekerasan terhadap anak yang tidak terlaporkan masih sangat besar.

Baca: Bullying di Sekolah Meningkat, Awasi Anak Anda

"Untuk itu diperlukan perhatian semua pihak untuk mencegah dan untuk menangani kasus-kasus bullying. Kuncinya terletak pada mengedukasi masyarakat, keluarga dan pada anak-anak untuk ikut menjadi bagian dari pencegahan bagian dari pemantauan dan bagian dari pengawasan," kata Jokowi.

Hadir dalam rapat ini Ketua KPAI Asrorun Ni'am, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menteri Sosial Khofifah Indarparawangsa, Menteri Desa PDTT Marwan Jafar Menpora Imam Nahrawi dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Sumber: Detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...