(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Perluas Cakupan Layanan, Tahun Ini Telkomsel Tambah 3.500 BTS 4G LTE

contributor-one
contributor-one

Perluas Cakupan Layanan, Tahun Ini Telkomsel Tambah 3.500 BTS 4G LTE
WinNetNews.com - Operator seluler lapis satu nasional, PT Telekomunikasi seluler (Telkomsel), terus berkomitmen untuk memperluas cakupan layanan 4G LTE (Long Term Evolution) ke seluruh Indonesia.

Mas'ud Khamid ,Direktur Sales Telkomsel, mengatakan, tahun ini Telkomsel berencana menggelar infrastruktur pendukung layanan 4G LTE termasuk membangun sekitar 3.500 BTS (base transceiver station) berteknologi eNodeB.

Saat ini operator seluler dengan 152 juta pelangan ini telah memiliki eNodeB sekitar 2.500 unit. Dengan penambahan sekitar 3.500, hingga akhir tahun 2016 ditargetkan menjadi 6.000 unit eNodeB.

Menurut Mas'ud, tahun ini pihaknya akan mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 13 triliun. Mayoritas dana capex tahun ini akan digunakan untuk mengembangkan infrastruktur 4G LTE.

"Tahun ini capex yang disiapkan kemungkinan sama dengan tahun lalu sebesar Rp13 triliun. Sebagian besar untuk infrastruktur, lalu untuk pengalaman pelanggan, sehingga dengan best experience konektivitas ini dapat menarik pelanggan yang lebih banyak lagi," kata Mas'ud di kantornya, Jumat (15/04).

Dia menjelaskan, sepanjang tahun lalu, pihaknya telah menghadirkan layanan 4G di 30 kota Indonesia. Pihaknya menergetkan tahun ini, akan menggelar di 10 kota lagi, sehingga hingga akhir thun ini layanan 4G Telkomsel bisa dinikamti di 40 kota seluruh Indonesia.

"Tahun ini kita targetkan 4G ada 40 kota sampai akhir tahun, sekarang sudah di 30 kota, jadi nambah 10 kota lagi di seluruh ibukota provinsi dan kota-kota yang banyak anak mudanya. Kita tidak akan gelar 4G kalau di kota itu coverage kita belum 70%," ujarnya.

Sementara dari sisi pelanggan, pihaknya membidik 10 juta pelanggan hingga akhir tahun ini, baik melalui akusisi pelanggan baru maupun pelanggan internal. Saat ini , jumlah pelanggan 4G yang ada di jaringan Telkomsel sekitar 3 juta pelanggan.

"Dengan penambahan jumlah kota yang disasar untuk layan 4G LTE, kami menargetkan dapat meraih delapan juta pelanggan hingga kuartal ketiga dan 10 juta pelanggan sampai akhir tahun 2016,"katanya.

Tahun ini, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) ini menergetkan target pendapatan secara keseluruhan mencapai Rp84-86 triliun atau tumbuh 13% dari pendapatan 2015 yang mencapai Rp 76,055 triliun.

Berdasarkan hitungan-hitungan,kata Mas'ud pihaknya optimis target tersebut dapat tercapai. Hal ini bisa dihitung dari angka penjualan Telkomsel saat ini yang mencapai Rp 230 miliar hingga Rp 240 miliar setiap harinya.

"Tahun lalu kita targetkan pendapatan Rp73 triliun tapi terealisasi Rp76 triliun. Tahun ini 2016 optimis dapat meraih pendapatan Rp84-86 triliun mencapainya," tuturnya.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});