Perlukah Membuang Bulu Rambut yang Muncul di Payudara?
ilustrasi

Perlukah Membuang Bulu Rambut yang Muncul di Payudara?

Sabtu, 8 Feb 2020 | 11:54 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bagi beberapa wanita, munculnya bulu halus di sekitar payudara tidak jarang membuat mereka panik karena khawatir kondisi ini terkait masalah kesehatan tertentu. Akan tetapi, tumbuh rambut di payudara merupakan kondisi yang cukup normal. 

Namun, jika Anda ingin menghilangkan bulu halus tersebut untuk menjaga penampilan, ada beberapa cara yang bisa dipilih. Simak ulasan di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya. 

Cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara

Sebenarnya, rambut yang tumbuh di payudara terjadi karena berbagai sebab, mulai dari perubahan hormon, hamil, hingga sedang menderita penyakit tertentu, seperti PCOS. 

Namun, menghilangkan bulu halus di area tersebut ternyata tidak begitu diperlukan karena alasan kesehatan. Walaupun demikian, ada beberapa pilihan alternatif yang cukup Anda untuk mengatasi masalah ini. 

1. Trimming

Salah satu cara untuk menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara adalah dengan trimming. Trimming merupakan proses memotong rambut, namun hanya bagian ujung rambut yang digunting. 

Anda bisa menggunakan gunting berukuran kecil, sehingga rambut dapat dipotong hingga dekat dengan kulit. Selain itu, selalu berhati-hati ketika melakukannya untuk mengurangi risiko ujung gunting menggores kulit Anda. 

Menurut American Academy of Dermatology, setelah proses pemotongan selesai, gunakan pelembap agar kulit tidak kering. Namun, pilihlah pelembap yang tidak mengandung pewangi apapun untuk mencegah munculnya jerawat di dekat payudara Anda. 

Trimming termasuk proses menghilangkan rambut yang cukup mudah dan cepat, tetapi perlu dilakukan secara rutin agar rambut tidak terlihat panjang. 

2. Mencabuti bulu payudara

Selain trimming, Anda juga bisa mencabuti rambut yang tumbuh di sekitar payudara untuk menjaga penampilan tubuh.

Walaupun metode ini terbilang cukup mudah, mencabut bulu adalah cara yang dapat menimbulkan rasa sakit. Maka itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memulai cara ini agar bulu halus di sekitar payudara hilang. 

Misalnya, areola, yaitu daerah yang berwarna gelap di sekitar puting susu, dan kulit di dekat payudara termasuk sensitif. Akibatnya, kemungkinan besar ketika bulu halus di daerah tersebut dicabut, mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan. 

Supaya rasa sakit tersebut berkurang, Anda bisa mencabut bulu tersebut sesaat setelah mandi. Hal ini dikarenakan air hangat biasanya dapat membantu membuka pori-pori, sehingga memudahkan Anda untuk mencabut bulu tersebut. 

Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak benar-benar menghilangkan bulu tersebut, alias akan tumbuh kembali. Bahkan, mencabut bulu, terutama di sekitar payudara Anda dapat membuat kulit kemerahan dan meningkatkan risiko infeksi. 

3. Bercukur

Jika mencabut bulu bukan metode pilihan Anda, mungkin bercukur dapat menjadi cara menghilangkan rambut yang tumbuh di payudara.

Namun, Anda perlu berhati-hati melakukannya karena cara ini memiliki risiko yang cukup tinggi untuk menggores kulit di sekitar payudara. 

Oleh karena itu, Anda bisa memulai dengan memilih pisau cukur yang tajam agar tidak perlu melakukannya berulang kali. Selain itu, sama seperti mencabut bulu, bercukur pun perlu dilakukan secara rutin karena tidak menghilangkan bulu halus secara permanen. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...