Perlukah Mendesah Saat Bercinta? Begini Kata Pakar Seks

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Perlukah Mendesah Saat Bercinta? Begini Kata Pakar Seks Ilustrasi: Fairview
Winnetnews.com - Saat berhubungan seksual, naluri kita pasti akan membuat kita memejamkan mata dan membuat suara desahan. Bagi sebagian perempuan, desahan atau lengkingan merupakan suatu tanda jika hubungan seks yang dilakukan memberikan kenikmatan tingkat tinggi.

Tidak jarang banyak orang yang menganggap bahwa mendesah saat bercinta merupakan hal yang penting. Suara desahan saat bercinta bahkan kadang dilakukan dengan nada setengah berteriak agar pasangan makin terangsang dan hubungan seks menjadi lebih panas.

Lantas, perlukah untuk selalu mendesah setiap berhubungan seksual?

Ilustrasi: BBC

Mendesah dalam berhubungan seksual sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap saat. Merangkum dari Kumparan, seksolog klinis Zoya Amirin, M.Psi. FIAS, mematok kenikmatan seks hanya dari desahan saja malah bisa memunculkan orgasme palsu. Hal yang paling penting dilakukan saat berhubungan badan menurut Zoua adalah berekspresi. Apapun yang kamu rasakan saat berhubungan seks, maka kamu sebisa mungkin harus mengekspresikannya.

“Ekspresi tersebut harus jujur, dari dasar hati yang paling dalam, kalau perlu dari dasar vagina paling dalam. Seks jangan dilakukan dengan drama dan jangan terlalu berlebihan,” kata Zoya.

Zoya menegaskan bahwa hal yang paling penting saat berhubungan seks tidak hanya dari desahan semata. Mimik wajah juga perlu dilakukan untuk memunculkan kenikmatan saat berhubungan seksual.

Masih menurut Zoya, desahan merupakan sebuah bentuk komunikasi non veral sehingga menjadi ekspresi yang menunjukkan bahwa kita menikmati sesi hubungan seksual tersebut. Kadang desahan menjadi ego lelaki, seolah ketika perempuan tidak mendesah, maka hubungan seksual tersebut terasa biasa-biasa saja. Namun hal terpenting adalah bahwa berhubungan seksual harus dilakukan secara jujur dan tidak dibuat-buat.

“Untuk perempuan juga jangan terlalu memaksakan diri untuk mendesah, terlepas mau introvert atau ekstrovert. Kalau kita pura-pura mendesah, padahal kita tidak merasa terangsang dengan sentuhan tersebut, maka lelaki akan menganggap kita nikmat di spot tersebut. Justru kita yang akan merasa rugi karena tidak mendapatkan kenikmatan tersebut,” tutur Zoya.

Apa Reaksi Kamu?