Perlukah Wanita Mencukur Bulu Vagina?
Ilustrasi

Perlukah Wanita Mencukur Bulu Vagina?

Minggu, 17 Mei 2020 | 20:30 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Vagina adalah organ intim yang penting untuk dijaga untuk kesehatan dan kepercayaan diri perempuan, apalagi bagi yang sudah aktif melakukan hubungan seksual

Satu hal juga yang menjadi perhatian banyak perempuan soal vagina adalah perlu atau tidaknya mencukur atau membersihkan rambut yang tumbuh di area tersebut. Selain itu banyak juga yang bertanya-tanya apakah ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. 

Dilansir dari Kumparan.com, menurut 
dr. Dinda Derdameisya yang praktik di RSIA Brawijaya,  mencukur bulu vagina adalah tindakan pilihan. Jadi kita boleh melakukannya atau tidak. Lagi pula sebenarnya rambut pada area tersebut juga memiliki fungsi untuk melindungi vagina. “Sebenarnya bulu tumbuh di area tertentu untuk melindungi area tersebut. Bulu mata melindungi mata dari kelenjar minyak, di sini bulu pubis melindungi organ intim,” kata dokter Dinda. 

Yang perlu diperhatikan, kalau bulu vagina merasa mengganggu, kita boleh saja mencukurnya atau melakukan waxing. Jika kita memutuskan hal tersebut, maka kita pun harus melakukannya dengan benar. 

“Pastikan area pubis bersih, kulit tidak mudah alergi dengan bahan wax, pakai razor baru yang dibilas dengan alkohol. Setelah cukur, pakai celana yang longgar. Kalau ada iritasi, gatal, dan rasa nggak nyaman konsultasikan ke dokter,” jelasnya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...