Permen Karet Dapat Redakan Stres Berat

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Permen Karet Dapat Redakan Stres Berat

Wingamers – Anda suka permen karet ? Bagaimana sensasi ketika mengunyah permen kenyal manis itu ? Memang asik ketika kita memakannya. Tahukah kalian ? Mengunyah permen karet dapat meredakan stres.

Perwakilan peneliti dari Tokushima University, mengatakan bahwa mengunyah permen karet 3 menit saja, bisa membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Semakin Anda keras dan lama mengunyah, maka stres akan semakin terlepas.

Melansir dailymail, penelitian ini mengamati 20 wanita dan pria, dengan kadar stres beragam. Setelah diberikan permen karet tanpa rasa, dari sampel air liur peserta, terdeteksi kandungan senyawa catecholamines. "Kandungan catecholamines dalam tubuh, untuk bekerja lebih cepat dari hormon cortisol melepas stres," ujarnya.

Penelitian serupa, yang dilakukan di Cardiff University, juga membenarkan manfaat mengunyah permen karet untuk melawan stres. "Hal ini sangat menarik, karena kadar stres menurun dengan sangat cepat dengannya," ujar Professor Andy Smith, sang peneliti.

Teori lain juga menyebut, mengunyah permen karet 20 menit, dapat meningkatkan detak jantung, dan memudahkan proses penyerapan nutrisi bagi otak.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});