Perokok Umumnya Memiliki Gigi yang Buruk, Ini Penjelasannya

Rusmanto
Rusmanto

Perokok Umumnya Memiliki Gigi yang Buruk, Ini Penjelasannya ilustrasi
Winnetnews.com - Rokok tidak hanya akan memberikan dampak kesehatan bagi organ-organ dalam saja. Dalam realitanya, dampak dari kebiasaan merokok jauh lebih besar. Bahkan, jika kita cermati, orang yang memiliki hobi merokok cenderung memiliki gigi yang buruk. Sebenarnya, bagaimana bisa rokok mempengaruhi kondisi kesehatan gigi?

Dampak Merokok bagi Kesehatan Gigi

Pakar kesehatan menyebut semakin tinggi intensitas mengisap rokok, semakin tinggi risiko terkena masalah gigi berlubang atau karies. Hanya saja, para pakar masih memiliki teori yang berbeda-beda tentang kaitan kandungan beracun rokok dengan masalah gigi.

Teori pertama menyebut rokok bisa membuat mulut menjadi lebih kering akibat menurunnya produksi air liur. Hal ini akan membuat jumlah bakteri di dalam mulut semakin meningkat dan akhirnya masalah karies atau gigi berlubang lebih memungkinkan untuk terjadi.

Sementara itu, teori kedua menyebut proses pembuatan rokok ternyata juga melibatkan gula atau pemanis. Pemanis ini bisa saja berupa glukosa, fruktosa, atau campuran dari keduanya, dan sukrosa. Logikanya, semakin banyak merokok, semakin banyak gula atau pemanis yang masuk di dalam mulut dan akhirnya membuat bakteri penyebab karies atau gigi berlubang semakin meningkat jumlahnya.

Selain itu, ada penelitian yang membuktikan bahwa orang yang hobi merokok cenderung suka mengonsumsi minuman manis demi mengatasi kondisi mulutnya yang sering terasa asam. Hal ini ikut membuat risiko terkena masalah gigi semakin meningkat.

Apa Reaksi Kamu?