Perpustakaan Terapung di Wakatobi Bertambah Satu

Perpustakaan Terapung di Wakatobi Bertambah Satu

Senin, 25 Apr 2016 | 12:57 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kini perpustakaan terpung bertambah satu. Kali ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara membuat Perpustakaan yang berada di kawasan Pelabuhan Wanci di Wangiwangi, ibukota Wakatobi.

Sebelumnya di Wakatobi juga telah ada perpustakaan dengan konsep yang sama di Desa Mola Selatan, Kecamatan Wangiwangi Selatan. Perpusatakaan Terapung tersebut saat ini telah berhasil meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mola yang rata-rata hidup sebagai nelayan tangkap ikan

Kepala Perpustakaan Wakatobi, Hj Sitti Djalila mengatakan perpustakaan terapung yang akan dibangun di dalam kawasan Pelabuhan Wanci tersebut memanfaatkan kapal yang tidak dapat dioperasikan lagi menjadi perpustakaan keliling yang akan mampir ke pulau-pulau di Wakatobi.

"Pembangunan Perpustakaan Terapung di dalam kawasan Pelabuhan Wanci itu, untuk melayani buruh-buruh dan nelayan di pelabuhan yang memanfaatkan waktu luang membaca buku di perpustakaan," katanya.

Saat ini perpustakaan terapung telah berhasil meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mola yang rata-rata hidup sebagai nelayan tangkap ikan.

"Dengan pengetahuan yang diperoleh dari perpusatakaan, warga setempat telah mampu membuat berbagai keterampilan seperti membuat abon ikan atau ikan asin berkualitas," terang Sitti

Menurut dia, perpusatakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan sering membaca buku di perpusatakaan atau taman bacaan rakyat, kata dia, tingkat pengetahuan masyarakat akan meningkat dan akan berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

"Dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui bacaan di perpusatakaan, masyarakat bisa melahirkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan keterampilan berusaha atau mengembangkan usaha-usaha ekonomi produktif," tuturnya.

Dilansir dari CNN

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...