(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Persiba Balikpapan Kalahkan Bali United 3-2 dengan Dramatis

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Persiba Balikpapan Kalahkan Bali United 3-2 dengan Dramatis

WinNetNews.com - Usaha Persiba Balikpapan untuk lepas dari jeratan degradasi berlangsung dramatis, Senin (16/10) malam WIB, ketika mengalahkan Bali United dengan skor ketat 3-2 di Stadion Batakan pada laga pekan ke-29 Liga 1 2017.

Kemenangan itu tidak mengubah posisi Persiba di psisi ke-17 klasemen sementara, namun mereka memangkas selisih poin menjadi enam dengan Semen Padang yang berada di tempat terakhir zona aman. Sedangkan Bali United gagal mendekati Bhayangkara FC, dan mereka tetap terpaut empat angka dari sang pemuncak klasemen.

Babak pertama

Laga antara Persiba dan Bali United ini diawali dengan mengheningkan cipta untuk meninggalnya kiper Persela Lamongan Choirul Huda. Setelah peluit kick-off, Bali United yang menjadi tamu justru mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

Sejumlah peluang diperoleh Bali United, termasuk kans milik Nick van der Velden di menit ke-23. Namun sepakan gelandang asing Bali United ini dapat diamankan kiper Dian Agus Prasetyo.

Selepas itu, Persiba mulai keluar dari tekanan. Setelah tendangan Alfath Fathier mengarah ke pelukan kiper I Made Wardhana di menit ke-26, guliran sundulan Yudi Khaerudin menyambut tendangan bebas Srdan Lopicic ditepis penjaga gawang Bali United tersebut selang tiga menit kemudian.

Pada menit ke-31, Persiba kembali mendapatkan peluang emas. Menerima umpan terobosan dari Bryan Cesar, Lopicic yang berdiri bebas melepaskan tendangan dari jarak dekat, tapi sepakannya melayang di atas mistar.

Upaya Persiba membuahkan hasil di menit ke-36. Ilhamul Irhaz mendapat umpan terobosan, dan masuk ke area penalti Bali United, tapi bisa diblok kiper. Namun bola muntah mengarah ke Sunarto yang tak membuang kesempatan menjebol gawang tim tamu. Skor 1-0 untuk keunggulan Persiba bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Bali United langsung menggebrak pertahanan Persiba ketika babak kedua dimulai. Usaha anak asuh Widodo Cahyono Putro menyamakan kedudukan terwujud setelah Stefano Lilipaly menjebol gawang Dian Agus menyambut umpan Irfan Bachdim.

Kecolongan gol cepat di awal babak kedua, Persiba segera memberikan respons dengan menekan pertahanan Bali United. Peluang didapat Sunarto dan Marlon da Silva, tapi tidak membuahkan hasil.

Alih-alih mengungguli tamunya, gawang Persiba justru kebobolan untuk kali kedua di menit ke-65. Umpan sundulan Sylvano Comvalius diselesaikan Bachdim dengan baik untuk membawa Bali United berbalik mengungguli tuan rumah.

Persiba berusaha bangkit mengejar ketertinggalan. Anak asuh Hariyadi ini berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-88 ketika tendangan bebas Lopicic yang membentur pagar hidup Bali United disambar Yudi Khoerudin untuk menjebol gawang Kadek Wardhana.

Menjelang pertandingan berakhir, Persiba memastikan kemenangan. Kesalahan Kadek Wardhana menghalau bola membuat si kulit bundar jatuh ke kaki Bijahil Calwa yang tak membuang kesempatan untuk merobek jala Bali United. Persiba pun sukses menjaga tren positif di kandang dengan kemenangan 3-2.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Persiba: Dian Agus Prasetyo; Yudi Khoerudin, Absor Fauzi Alfath Faathier, Iqbal Samad, Bryan Cesar (Heri 83'), Ilhamul Irhaz, Anmar Almubaraki, Srdjan Lopicic, Sunarto (Maldini 75'), Marlon Da Silva (Bijahil 75').

Bali United: I Made Wardhana; AA Ngurah Wahyu, Ahn Byung Keon, Dias Angga Putra, I Made Andhika Pradana Wijaya (Kipuw 18'), Nick Van Der Velden (Sukadana 51'), Taufiq, Marcos Flores (Miftahul 62'), Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Sylvano Comvalius.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});