Pertama Kali Selama 25 Tahun, Busan International Film Festival Terancam Tidak Digelar?
Foto: The Korea Herald

Pertama Kali Selama 25 Tahun, Busan International Film Festival Terancam Tidak Digelar?

Rabu, 16 Sep 2020 | 11:33 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Gelaran Busan International Film Festival (BIFF) 2020 tampaknya masih akan memantau penyebaran COVID-19 di Korea Selatan. Hal ini dilakukan sebelum pihak penyelenggara memutuskan apakah akan menggelar festival tahun ini atau tidak.

Dilansir dari The Korea Herald, Festival film terbesar di Asia ini awalnya akan digelar pada 7-16 Oktober mendatang. Tetapi, jumlah kasus harian COVID-19 di Korea Selatan masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Hal ini membuat BIFF 2020 memutuskan untuk mengurangi jumlah tamu dan menunda tanggal pembukaan selama 2 minggu dari jadwal semula menjadi 21 Oktober 2020.

Pihak Penyelenggara juga mengatakan penundaan diperlukan untuk menghindari peningkatan kasus secara signifikan karena liburan Chuseok dirayakan pada 1 Oktober. Tetapi, orang-orang Korea sudah mulai libur sejak 30 September-2 Oktober.

Lee Yong Kwan selaku ketua BIFF, menuturkan dalam konferensi pers online, “Kami akan menentukan apakah akan mengadakan festival secara offline pada 15 Oktober, tanggal pembukaan tiket di festival. Jika penyebarannya tidak berkurang, maka hanya Asia Contents & Film Market yang akan diadakan secara online.”

Ada kemungkinan BIFF 2020 tidak diadakan dan ini akan menjadi pertama kalinya dalam 25 tahun sejak diluncurkan pada tahun 1996. Festival tersebut kemungkinan akan dibatalkan jika level protokol social distancing di Korea Selatan tidak menurun dan bertahan di level 2, seperti saat ini ketika waktu penyelenggaran semakin dekat.

“Kami memiliki sikap yang sama dengan Canes Film Festival, bahwa kami harus melindungi (nilai-nilai) fundamental, seperti hak cipta (film) dan opini pembuat film. Jika situasinya bertambah buruk, festival harus pindah ke tahun depan," lanjut Lee.

image0
Foto: The Korea Herald

Tetapi, jika BIFF 2020 akan tetap diadakan sesuai jadwal, festival tersebut hanya akan diadakan di 5 bioskop di Busan Cinema Center pada 21-30 Oktober. BIFF juga telah menghentikan semua acara offline seperti upacara pembukaan dan penutupan serta acara red carpet.

Pihak penyelenggara juga tidak mengundang tamu internasional dan mengurangi jumlah film sebanyak 100 film. Padahal, sineas dan pakar industri film internasional merupakan salah satu poin utama dalam festival film tersebut. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...