Pertamina Ingin Ikut Garap Blok Masela, Ini Alasannya

Pertamina Ingin Ikut Garap Blok Masela, Ini Alasannya

WinNetNews.com - Satu Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) baru-baru ini memfasilitasi pertemuan antara PT Pertamina (Persero) dan Inpex Corporation. Pertemuan ini menjajaki kemungkinan masuknya Pertamina ke Blok Masela untuk ikut menjadi kontraktor.

Pertamina mengaku memang berminat untuk ikut menggarap Blok Masela. VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Arindita Pusponegoro, mengungkapkan bahwa pihaknya ingin menjadikan Blok Masela sebagai ajang pembelajaran untuk mengelola blok-blok migas yang tingkat kesulitannya tinggi.

Jika Pertamina semakin andal, kemampuan semakin mumpuni, tentu semakin banyak blok yang bisa dikelola Pertamina, tidak perlu lagi dikelola oleh perusahaan migas asing.

"Kita juga butuh pemahaman teknologi lebih jauh. Kondisinya nanti seperti apa, ini akan jadi ajang pembelajaran yang bagus buat kita," kata Wianda, seperti di kutip dari situs detikFinance di Jakarta, Sabtu (16/4/2016).

Selain itu, Pertamina adalah representasi dari negara di sektor migas. Keberadaan Pertamina di Blok Masela akan membuat peran dan kontrol negara semakin kuat di sana.

 

"Kita berminat. Yang pasti Pertamina itu kan representasi negara di migas," tandasnya.

Keinginan Pertamina ini pun disambut baik oleh Kementerian ESDM. ESDM mendukung masuknya Pertamina ke Masela.

"Kita tentu senang sekali, pemerintah pasti mendukung BUMN utama kita masuk ke Masela," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja.

Mekanisme masuknya Pertamina ke Blok Masela akan dibicarakan secara business to business (B to B) dengan Inpex dan Shell. Pemerintah hanya membantu dari luar saja.

"Bagaimana yang terbaik mekanismenya terserah Pertamina, kita memfasilitasi," ucap Wiratmaja.

Sumber dari detikFinance, Jakarta