Pertanda Diabetes, Kenali Bau yang Muncul di Tubuhmu Ini dan Penanda Penyakit Lainnya
Shutterstock

Pertanda Diabetes, Kenali Bau yang Muncul di Tubuhmu Ini dan Penanda Penyakit Lainnya

Rabu, 25 Des 2019 | 22:00 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Bau mulut terjadi karena faktor bakteri saat bangun tidur, selain mulut, tedapat bagian-bagian tubuh lainnya yang mengeluarkan aroma tidak sedap seperti ketiak, kentut dan kaki. Bagian-bagian ini berbau karena perkembangan bakteri. Yang tidak diduga-duga adalah, bau-bau ini ternyata bisa berkaitan dengan penyakit tertentu.

1. Bau mulut seperti buah

Bau mulut biasanya disebabkan oleh tumpukan bakteri yang ada pada sela-sela atau lubang yang muncul pada gigi. Biasanya, bau mulut akan terasa sangat tidak enak. Namun, jika bau mulut kita justru mirip dengan bau buah, bisa jadi hal ini adalah tanda dari komplikasi diabetes yang bernama ketoasidosis diabetes yang terjadi karena kadar insulin dalam tubuh menurun drastis namun kadar gula darah justru meningkat dengan signifikan. Hal ini memicu pembentukan keton dalam darah dan membuat bau mulut tersebut.

2. Bau mulut terus-menerus

Bau mulut yang terjadi saat bangun tidur sangatlah wajar terjadi mengingat selama tidur kita tidak memproduksi air liur sehingga bakteri pun jumlahnya meningkat dalam mulut. Hanya saja, jika bau ini terus-menerus muncul, maka bisa jadi hal ini menandakan masalah sleep apnea yang terjadi saat kita tidur.

3. Bau kaki

Bau pada kaki seringkali disebabkan oleh jamur kaki, apalagi jika pada kaki juga muncul lecet-lecet, kulit yang terkelupas, atau kulit bersisik. Kombinasi jamur dengan bakteri inilah yang memicu bau kaki yang tidak sedap.

4. Bau menyengat saat buang air besar

Kotoran yang keluar saat buang air besar memang akan memiliki bau tidak sedap. Namun, jika baunya cenderung menyengat dan busuk, seringkali hal ini disebabkan oleh intoleransi laktosa. Kondisi ini disebabkan oleh usus halus yang tak mampu mencerna laktosa dan akhirnya langsung mengirimnya ke usus besar. Di sinilah bakteri usus akan memfermentasi laktosa dan memicu bau busuk dan menyengat.

5. Bau menyengat saat buang air kecil

Jika air seni berbau seperti bahan kimia, bisa jadi hal ini adalah tanda dari infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri e. coli. Penyakit ini harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. (oaw/scd)

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...